Islamabad (ANTARA News) - Komite-komite yang mewakili pemerintah Pakistan dan Taliban bertemu pada Sabtu untuk sesi dua-jam guna menyelesaikan tanggal dan tempat bagi perundingan perdamaian tahap berikutnya.

Kepala komite yang menominasikan Taliban untuk pembicaraan damai, Maulana Samiul Haq, dalam satu pernyataan mengatakan bahwa keputusan penting dibuat selama pertemuan hari itu, lapor KUNA.

Dia mengatakan bahwa kedua pihak telah menyepakati tempat untuk perundingan tahap berikutnya dengan Tehreek-i-Taliban Pakistan (TTP), dan bahwa komite pemerintah akan segera masuk ke dalam pembicaraan langsung dengan kelompok gerilyawan.

Pertemuan antara komite pemerintah dan komite Taliban diadakan di Wisma Punjab di ibu kota federal Islamabad.

Komite menolak untuk mengungkapkan lokasi yang tepat yang telah disepakati.

Para anggota lain dari komite TTP, Maulana Yousuf Shah, mengatakan bahwa pertemuan antara dua komite merupakan terobosan penting.

Dia menambahkan bahwa bangsa akan segera mendengar kabar baik.

Sebelumnya, TTP mengusulkan kubu daerah suku Waziristan Utara sebagai tempat untuk mengadakan perundingan perdamaian namun pemerintah ingin mengadakan pembicaraan di distrik Bannu utara.

Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif membentuk komite pemerintah untuk mengadakan dialog damai dengan organisasi terlarang TTP untuk mengakhiri kekerasan yang sedang berlangsung di wilayah utara Pakistan.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014