London (ANTARA News) - Wayne Rooney menciptakan dua gol yang salah satunya adalah gol terbaik musim ini ketika Manchester United mengakhiri pekan penuh kenangan dengan menang 2-0 dari West Ham United pada laga Liga Premier dini hari lalu.

Sepekan lalu, manajer David Moyes menyaksikan timnya dipermalukan 0-3 di kandangnya sendiri oleh Liverpool, namun United bangkit dengan membalikkan defisit 0-2 pada leg pertama melawan Olympiakos untuk mencapai perempatfinal Liga Champions.

Malam itu saat melawan Olympiakos Robin van Persie menjadi bintang dengan trigolnya, namun pada laga itu pula dia ditimpa cedera sehingga memberi Rooney menjadi pilihan utama di depan saat bertandang ke Upton Park sekitar dua jam lalu.

Dan dia menciptakan gol pembuka yang luar biasa yang menyamai mantan pahlawan United David Beckham dengan menaklukkan kiper lawan secara menakjubkan dari jarak jauh.

Tidak sejauh tendangan lob setengah lapangan Beckham kala melawan Wimbledon pada 1996 memang, namun mantan kapten timnas Inggris itu menyaksikan sendiri gol Rooney tersebut.

Starting line-up usungan Moyes sempat membuat banyak orang kaget ketika Alexander Buttner, Shinji Kagawa dan Ashley Young masuk sebagai starter, sedangkan Michael Carrick, mantan gelandang West Ham, menempati bek tengah.

Carrick terpaksa di posisi itu demi menggantikan Nemanja Vidic yang terkena larangan bermain, dan bersama Marouane Fellaini dia berusaha menahan beberapa set-piece striker tuan rumah Andy Carroll.

Rio Ferdinand yang juga memulai karirnya di Upton Park absen karena cedera, sedangkan pemain depan timnas Inggris Danny Welbeck menjadi pemain pengganti.

United memulai dengan kuat. Carroll harus menghentikan sundulan Fellaini pada menit ketiga, sedangkan kiper Adrian sukses menghalau satu tendangan Juan Mata.

Lalu datang momen jenius Rooney pada menit kedelapan ketika dia menyenggol bek The Hammers James Tomkins demi masuk ke daerah permainan Hammers sebelum melepaskan tembakan melengkung di atas Adrian dari jarak sekitar 55 meter.

West Ham membalas juga dengan bola tinggi yang ditujukan kepada Carroll yang melepaskan sundulan melebar dari sebuah tendangan bebas, dan membuat kiper United David de Gea harus menghadapi kembali sundulan berbahaya yang kali ini datang dari Stewart Downing.

Kagawa berpeluang menggandakan keunggulan United, namun tembakannya tepat ke pelukan Adrian, demikian pula Mata setelah itu. Mata beroperasi di belakang Rooney dan menjadi ancaman konstan terhadap barisan belakang West Ham.

Kapten West Ham Kevin Nolan merasa seharusnya dia mendapat hadiah penalti ketika dia dijatuhkan Darren Fletcher di kotak terlarang, namun permainan terus berlanjut, sampai United mencetak gol lagi melalui serangan balik pada menit 33.

Young melepaskan umpan dari kanan yang berusaha dihalau Mark Noble namun bola malah jatuh di depan Rooney yang tak ayal memasukkan bola ke gawang West Ham.

Ini adalah ke-212 Rooney untuk United, sehingga melampaui pencapaian Jack Rowley guna berada di posisi tiga dalam daftar pencetak gol sepanjang masa United, di bawah Bobby Charlton (249) dan Denis Law (237).

Babak kedua West Ham mendapat rangkaian tendangan penjuru, namun semuanya tak berubah gol.  Kedudukan 2-0 bertahan sampai pertandingan usai, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014