Memang ada beberapa pemain baru, pemain itu saya dapatkan dari pemantauan selama ini. Tetapi saya tetap mempertahankan sekitar 50 sampai 60 persen pemain lama dari pemusatan latihan pertama,"
Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia U-23 yang dipersiapkan untuk Asian Games 2014 di Incheon Korea akan menantang Timnas Sri Lanka dan Singapura sebagai lawan ujicoba demi memantapkan persiapan sebelum turun di kejuaraan empat tahunan itu akhir tahun nanti.

Sesuai data dari Badan Tim Nasional (BTN), Senin, pertandingan ujicoba melawan Timnas U-23 Sri Lanka digelar di Stadion Manahan Solo, 30 Maret. Sedangkan melawan Timnas Singapura dilakukan di Singapura, 2 April. Pertandingan melawan Sri Lanka akan dilakukan secara tertutup.

Selain ujicoba internasional, Timnas Garuda Muda juga dijadwalkan menghadapi tim lokal Persis Solo di Stadion Manahan, 25 Maret.

Calon lawan ujicoba internasional Fandi Eko Utomo dan kawan-kawan ini berbeda dengan program sebelumnya yaitu Filipina U-23. Calon lawan mendadak membatalkan rencana karena sebagian besar pemain timnas mengikuti pemusatan latihan Timnas Filipina senior di Maladewa.

Sebelumnya pelatih Aji Santoso mengatakan jika pada pemusatan latihan tahap kedua ini pihaknya hanya memanggil 23 pemain dan 11 diantaranya adalah pemain baru diantaranya Alvin Tuasalamony dan Dedi Kusnandar (Persebaya Surabaya) serta Syakir Sulaiman (Sriwijaya FC).

"Memang ada beberapa pemain baru, pemain itu saya dapatkan dari pemantauan selama ini. Tetapi saya tetap mempertahankan sekitar 50 sampai 60 persen pemain lama dari pemusatan latihan pertama," kata Aji Santoso.

Menurut dia, pembentukan tim terus dilakukan agar tim inti segera terbentuk. Sesuai dengan rencana, gambaran tim inti untuk turun di Asian Games 2014 di Incheon Korea akan diputuskan Agustus nanti.

"Sebelum bulan Juli akan banyak pemain yang keluar masuk. Kemungkinan kompisi terbaik baru bisa terbentuk Agustus nanti," kata suksesor Rahmad Darmawan itu.

Berikut nama pemain yang dipanggil untuk menjalani pemusatan tahap kedua di Lapangan UNY Yogjakarta 20 Maret hingga 4 April : Teguh Amirudin (pg), Yogi Triana (pg), Raden Galuh Noor (pg), Mokhamad Syaifudin, M Zaenuri, Eki Taufik, Acmad Hisyam, Alvin Tuasalamony.

Selanjutnya Saiful Indra Cahya, Dani Saputra, Achmad Bachtiar, Rasyid Bakrie, Dedy Kusanandar, Syakir Sulaiman, Loudri Setiawan, Ramdani Lestaluhu, Ridho Nur Cahyo, Fandi Eko Utomo, Novri Setiawan, Muchammad Erland, Fandi Achamd, Rizky Dwi dan Aldair Makatindu.

Sementara itu Timnas Indonesia senior saat ini sudah berada di Valencia, Spanyol untuk menjalani pemusatan latihan. Anak asuh Alfred Riedl selama di Negeri Matador akan menjalani beberapa pertandingan ujicoba diantaranya melawan Timnas Andora dan Kuba. Selain itu akan melawan klub anggola La Liga, Elche.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014