Kami akan menyerap asprasi dukungan itu yang kian menguat di kalangan warga Bandung dan umumnya Jawa Barat
Bandung (ANTARA News) - Wali Kota Bandung H Ridwan Kamil akan mengajukan peristiwa heroik Bandung Lautan Api dijadikan peristiwa nasional dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme kaum muda Indonesia.

"Kami akan berkoordinasi dengan sejarawan agar momen BLA lampau dijadikan peristiwa nasional, tujuannya untuk memupuk nasionalisme dan cinta tanah air generasi muda," kata Ridwan Kamil pada peringatan BLA di Bandung, Senin.

Peristiwa Bandung Lautan Api selalu diperingati oleh warga Bandung setiap tanggal 24 Maret. Pada setiap malam peringatan itu warga Bandung menggelar acara long march dari Monumen BLA di kawasan Tegalega ke Balai Kota Bandung.

Wali Kota menyebutkan, pihaknya akan berkonsultasi dengan sejarawan Unpad Prof Dr Nina Lubis terkait proses pengajuan peringatan BLA menjadi peristiwa nasional.

"Pengajuannya mungkin sama dengan pengajuan sosok pahlawan nasional dari setiap daerah. Saya akan mendukung penuh, tentunya akan kita bicarakan dengan seksama untuk melengkapi dokmennya," katanya.

Menurut Emil, untuk pengajuan itu tentunya harus didukung oleh data, fakta dan juga para pelaku sejarah. Untuk itu pihaknya akan manggandeng sejumlah elemen masyarakat untuk membantu pengajuan itu.

Ia menilai, BLA pantas menjadi sebuah peristiwa nasional dengan melihat semangat perjuangan dan pengorbanan bisa dihargai di level nasional. Pengorbanan yang dilakukan masyarakat lebih memilih membakar harta daripada direbut penjajah.

"Kami akan menyerap asprasi dukungan itu yang kian menguat di kalangan warga Bandung dan umumnya Jawa Barat," kata Ridwan Kamil menabahkan.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014