Denpasar (ANTARA News) - Kontingen Jawa Tengah berhasil menjadi juara umum dalam Kejuaraan Nasional Tenis Meja Kelompok Umur 2014 yang diselenggarakan di GOR Ngurah Rai Kota Denpasar.

Pada kegiatan Pengprov PTMSI Bali bekerja sama dengan Pengurus Pusat PTMSI ini kontingen Jawa Tengah mengumpulkan empat medali emas, tiga perak dan satu perunggu, unggul atas kontingen DKI Jakarta yang mengumpulkan dua medali emas, dua perak dan lima perunggu.

Sementara itu tim tuan rumah Bali, cukup puas dengan hasil empat medali perunggu yang disumbangkan atlet beregu putra dan putri serta tunggal putra kadet.

"Hasil tersebut cukup menggembirakan karena target awal hanya masuk delapan besar," kata Ketua Umum Pengprov PTMSI Bali Ny Bintang Puspayoga seusai penutupan Kejurnas Tenis Meja 2014, Senin.

Sedangkan posisi ketiga dan keempat masing-masing diraih kontingen PTMSI Provinsi Aceh dengan satu medali emas dari kategori ganda putra dan kontingen PTMSI Provinsi Kalimantan Tengah yang merebut satu medali emas pada kategori tunggal putra kadet.

Laga final tunggal yunior putra dan putri menjadi partai pamungkas pada Kejurnas yang diikuti 25 PTMSI seluruh Indonesia dengan melibatkan 235 atlet pada pertandingan yang berlangsung selama empat hari hingga Senin (24/3).

Pertandingan final tunggal yunior putra mempertemukan atlet PTMSI Jawa Tengah Danang Tri Pamungkas melawan RB Ach Safei dari PTMSI Jawa Timur. Sedangkan Final tunggal yunior putri mempertandingkan atlet Jawa Tengah Lilis Indriyani melawan Safrianti Bakari andalan PTMSI Provinsi Gorontalo.

Pertandingan yang mendebarkan terjadi di final tunggal yunior putra antara Danang Tri Pamungkas melawan RB Ach Safei. Kedua atlet mengeluarkan permainan terbaiknya sehingga perolehan angka berjalan ketat. Sempat memenangi set pertama dengan skor 11-7, namun keberuntungan Danang surut pada set kedua. Pada set kedua ini Safei menunjukkan perlawanan yang gigih sehingga berhasil mengumpulkan angka kemenangan 11-5 untuk Safei.

Namun dewi fortuna kembali menghampiri Danang di kedua set berikutnya. Set ketiga dan keempat menjadi milik Danang meski untuk meraih kemenangan tersebut Danang harus mengeluarkan segenap kemampuannya.

Pada set ketiga Danang unggul atas Safei dengan skor 11-3. Namun set keempat Safei tidak begitu saja menyerah menghadapi tekanan Danang yang membuat andalan Jateng berjuang keras memenangi set keempat dengan skor 14-12 untuk Danang.

Set kelima Safei kembali unjuk gigi dan meraih angka kemenangan 11-8 baginya. Namun sayang perjuangan Safei harus kandas pada set keenam yang merupakan set penentuan. Pada set ini Danang kembali berhasil mengumpulkan angka kemenangan 11-6 yang mengantarkan atlet Jateng ini meraih medali emas.

Ny Bintang Puspayoga menambahkan pihaknya merasa bahagia dan bersyukur atas prestasi yang diraih atlet-atlet Bali dalam laga kejuaraan nasional ini. Baginya kejuaraan kali ini memenuhi target panitia pelaksana, yaitu sukses dalam pelaksanaan serta sukses dalam perolehan medali.

"Dalam pelaksanaan, secara umum dapat dikatakan berjalan lancar dan sesuai harapan," katanya,

Ia mengamati perolehan prestasi atlet-atlet Bali semakin meningkat dan terjadi kemajuan luar biasa.

"Kali ini kita berhasil meraih empat perunggu dalam kejuaraan nasional. Kami berharap dengan semakin banyaknya digelar kejuaraan-kejuaraan maka para atlet dan pembina akan dapat terus meningkatkan kemampuannya," katanya.

Hasil Lengkap Kejurnas Tenis Meja Kelompok Umur 2014

A. Beregu Putra
1. Juara Pertama : PTMSI DKI Jakarta
2. Juara Kedua : PTMSI Jawa Tengah
3. Juara Ketiga : PTMSI Jawa Timur dan PTMSI Bali

B. Beregu Putri
1. Juara Pertama : PTMSI Jawa Tengah
2. Juara Kedua : PTMSI DKI Jakarta
3. Juara Ketiga : PTMSI Jawa Timur dan PTMSI Bali

C. Ganda Putra
1. Juara Pertama : Saiful Bahari/Salahudin (PTMSI Aceh)
2. Juara Kedua : Danang Tri Pamungkas/Pungkas Kastowo (PTMSI Jawa Tengah
3. Juara Ketiga : RB. Ach. Safei/Firly Firmansyah (PTMSI Jawa Timur) dan Bisma Putra Kinata/Kevin Junius Fabian (DKI Jakarta)

D. Ganda Putri
1. Juara Pertama : Putri Ayu/Lilis Indriyani (PTMSI Jawa Tengah)
2. Juara Kedua : Asiyah Farah Aini/Sofia Alfitri (PTMSI Jawa Timur)
3. Juara Ketiga : Aprilia Moedi/Indita (Kalimantan Selatan) dan Nur Fitriah/Mira Febriyanti (DKI Jakarta)

E. Tunggal Kadet Putra
1. Juara Pertama : Muhamad Luki Purkani (PTMSI Kalimantan Tengah)
2. Juara Kedua : Hendri Saputra (PTMSI Jawa Tengah)
3. Juara Ketiga : Putu Tedja Lazuardi dan Nyoman Agus Redi P (PTMSI Bali )

F. Tunggal Kadet Putri
1. Juara Pertama : Novita Octarini (PTMSI DKI Jakarta)
2. Juara Kedua : Chesy Oktaviani (PTMSI DKI Jakarta)
3. Juara Ketiga : Sahira Yuni Hafisa dan Anggawani Cahyaning (PTMSI Jawa Timur)

G. Tunggal Junior Putra
1. Juara Pertama : Danang Tri Pamungkas (PTMSI Jawa Tengah)
2. Juara Kedua : RB. Ach. Safei (PTMSI Jawa Timur)
3. Juara Ketiga : Bisma Putra Kinata/Kevin Junius Fabian (DKI Jakarta)

H. Tunggal Junior Putri
1. Juara Pertama : Lilis Indriyani (PTMSI Jawa Tengah)
2. Juara Kedua : Safrianti Bakari (PTMSI Gorontalo)
3. Juara Ketiga : Wiwit Witriani (PTMSI DKI Jakarta) dan Aisyah Farah Aini (PTMSI Jawa Timur).

(I020/R010)

Pewarta: I Komang S
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014