Bergabung dalam Grup F bersama Malawi, Kenya, dan Namibia, Nigeria selalu favorit untuk mencapai play-off dalam putaran akhir kualifikasi, dan mereka pernah kalah dalam babak penyisihan grup.

Menang tiga kali dengan lawan-lawannya, dan hasil paling mengkhawatirkan 1-1 di kandang melawan Kenya, karena gol Nnamdi Oduamadi pada injury time.

Setelah dua pertandingan play-off, Nigeria tidak pernah terancam dengan kemenangan tandang 2-1 dan 2-0 di kandang.

Catatan Piala Dunia

Setelah tampil mengesankan dalam perjalanan ke putaran kedua dalam dua penampilan pertamanya, Piala Dunia 1994 dan 1998, Nigeria telah berjuang sejak tiga kali tersingkir pada fase grup saat meraih dua poin dari delapan pertandingan terakhir putaran final.

Dalam kampanyenya di bawah asuhan Lars Lagerback di Afrika Selatan 2010, mereka hanya mampu meningkatkan sedikit reputasi Nigeria, tapi Brasil 2014 menawarkan kesempatan lagi bagi juara Afrika untuk melambung.

Pemain kunci


Pelatih Stephen Keshi telah meraih reputasi sebagai bos tanpa basa-basi dan tidak takut memilih pemain domestik serta mengorbankan bintang lebih terkenal. Kebijakannya telah terbayar dengan Nigeria meraih gelar Piala Negara-negara Afrika CAF 2013.

Keshi mempertahankan pemain belakang yang tampil stabil, pemain Chelsea John Obi Mikel, sedangkan Vincent Enyeama merupakan veteran penting, diperkuat elemen penting penyerangan seperti Victor Moses, Ahmed Musa, dan Emmanuel Emenike.

Pelatih: Stephen Keshi

Peringkat FIFA: 47


Penampilan terbaik kompetisi FIFA: Piala Dunia Amerika Serikat 1994, Prancis 1998 (babak 16 besar), Piala Dunia U-17 di China 1985, Jepang 1993, Korea Selatan 2007 (juara), Olimpiade Atlanta 1996 (juara), Piala Dunia U-20 Arab Saudi 1989, Belanda 2005 (runner-up).

Mantan bintang: Jay Jay Okocha, Nwankwo Kanu, Rashidi Yekini.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014