Kita siap saja mengelolanya dan saya pikir akan lebih bagus dan program lebih fokus
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Sosial siap mengelola seluruh dana bantuan sosial (bansos) yang selama ini tersebar di 16 kementerian dan lembaga jika diamanatkan untuk mengelolanya.

"Kita siap saja mengelolanya dan saya pikir akan lebih bagus dan program lebih fokus," kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri di Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikan Mensos usai membuka Rapat Koordinasi Program Keluarga Harapan (PKH) Tingkat Pusat tahun 2014.

Total dana bansos mencapai sekitar Rp90 triliun yang tersebar di 16 kementerian dan lembaga. Saat ini Kementerian Sosial hanya mendapatkan dana bansos sebesar Rp5,5 triliun.

Bansos yang dikelola Kementerian Sosial tersebut untuk membantu penyandang disabilitas berat dan lansia terlantar serta warga panti.

"Mereka memang sangat perlu dibantu, tidak bisa kalau tidak ada bantuan sosial. Jadi lebih baik kalau bansos yang tidak mendesak bisa dialihkan," kata Mensos.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelumnya menyurati Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar bansos hanya dikelola oleh Kementerian Sosial.

Hal tersebut agar pengelolaannya fokus sebab selama ini bansos rawan terhadap penyelewengan terlebih menjelang pemilihan umum.
(D016)

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014