Kita perlu melihat dan menimbang keseimbangan susunan pemain, antara pemain berpengalaman dengan pemain muda yang bugar
Paris (ANTARA News) - Pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps sedang meracik strategi menghadapi laga Piala Dunia 2014. Ia bahkan meminta kepada Eric Abidal agar kembali bermain jika memang ia ingin pergi ke Brasil.

Deschamps sedang mempertimbangkan siapa saja pemain yang akan mengisi skuadnya.

Sebagai pemain, Deschamps telah membela Prancis dalam 100 laga. Ia membawa Prancis menjadi juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Ini kali pertama bagi Deschamps menentukan susunan pemain.

Menghadapi Piala Dunia 2014,  ia mengatakan performa pemain bukan hal yang utama bagi skuad Prancis.

"Untuk menghadapi sebuah turnamen tidak hanya menentukan pemain terbaik di posisinya. Kita perlu melihat dan menimbang keseimbangan susunan pemain, antara pemain berpengalaman dengan pemain muda yang bugar."

"Saya tidak terlalu memikirkan tentang performa pemain. Saya lebih fokus ke pemain yang memang berpotensi," kata pelatih yang menangani Prancis sejak 2012 itu.

"Menyiapkan tim untuk sebuah turnamen besar (Piala Dunia) berbeda dengan persiapan bagi pertandingan persahabatan. Sangat berbeda, kriterianya juga berbeda," kata Deschamps.

Hal itu akan menjadi sinyal positif bagi Abidal yang sedang sedang berjuang mendapatkan tempat lagi di klubnya.

"Masalahnya Abidal tidak bermain selama sebulan. Ia sedang menjalani perawatan medis, dan ia siap bersaing," kata Deschamps.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014