Penetapan HPE periode April 2014 tersebut dilakukan setelah memperhatikan usulan tertulis dan hasil rapat koordinasi dengan instansi-instansi teknis terkait,"
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perdagangan telah menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 15/M-DAG/PER/3/2014 tentang Penetapan Harga Patokan Ekspor atas Produk Pertambangan Hasil Pengolahan yang Dikenakan Bea Keluar.

"Penetapan HPE periode April 2014 tersebut dilakukan setelah memperhatikan usulan tertulis dan hasil rapat koordinasi dengan instansi-instansi teknis terkait, khususnya dalam menyikapi perkembangan harga komoditas, baik nasional maupun internasional," kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Bachrul Chairi, dalam siaran pers yang diterima, Kamis.

Dalam Permendag yang dikeluarkan pada 25 Maret 2014, produk pertambangan hasil pengolahan yang dikenakan bea keluar periode bulan April 2014 adalah konsentrat tembaga, konsentrat seng, konsentrat timbal, konsentrat besi, konsentrat mangan, konsentrat ilmenite, serta konsentrat titanium lainnya.

Harga dasar perhitungan HPE bersumber dari Asian Metal untuk konsentrat besi dan konsentrat mangan, sedangkan konsentrat tembaga, konsentrat timbal, serta konsentrat seng berdasarkan London Metal Exchange (LME).

Dibandingkan dengan penetapan HPE periode Maret 2014, sebagian besar mengalami penurunan, yakni konsentrat tembaga dengan Cu lebih besar sama dengan 15 persen dengan harga rata-rata sebesar 1.891,99 dolar AS per wet metric ton atau turun 0,06 persen, konsentrat bijih besi (hematit, magnetit, pirit) dengan Fe lebih besar sama dengan 62 persen dengan harga rata-rata 87,86 dolar AS/WMT turun 2,27 persen.

Selain itu, konsentrat bijih besi (gutit/laterit) dengan kadar Fe lebih besar sama dengan 51 persen dan (Al2O3 + SiO3) lebih besar sama dengan 10 persen dengan harga rata-rata 38,35 dolar AS/WMT turun 10,58 persen, dan konsentrat timbal Pb lebih besar sama dengan 57 persen dengan harga rata-rata 862,32 dolar AS/WMT atau turun 2,04 persen.

Sedangkan yang mengalami kenaikan dibandingkan HPE periode Maret 2014 adalah konsentrat mangan Mn lebih besar sama dengan 49 persen dengan harga rata-rata 193,23 dolar AS/WMT atau naik sebesar 0,85 persen dan konsentrat seng Zn lebih besar sama dengan 52 persen dengan harga rata-rata 494,25 dolar AS/WMT, atau naik sebesar 1,90 persen.

"Peningkatan dan penurunan HPE produk pertambangan hasil pengolahan disebabkan adanya fluktuasi harga internasional pada komoditas pertambangan tersebut," jelas Bachrul.

Sementara itu, konsentrat ilminate dan konsentrat titanium lainnya tidak mengalami perubahan dibandingkan HPE periode sebelumnya.(*)

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014