Wina (ANTARA News) - Sanksi ekonomi terhadap Rusia dapat menyebabkan peningkatan biaya gas, terutama akan mempengaruhi negara-negara Eropa tenggara, kata CEO raksasa minyak dan gas Austria OMV, Kamis.

Gerhard Roiss mengatakan kepada surat kabar Kurier bahwa Eropa telah mengecewakan negara-negara di wilayah itu dengan kegagalan proyek pipa Nabucco, dan sekarang bisa meninggalkan mereka dalam situasi yang lebih buruk lagi.

Dia mengatakan memutuskan gas Rusia akan menyebabkan kekurangan gas dan kenaikan harga selanjutnya, serta memunculkan pertanyaan apakah keluarga di negara-negara seperti Bulgaria dan Slovakia akan mampu membeli pemanas di musim dingin.

Di samping itu, juga dapat mengakibatkan harga yang lebih tinggi bagi konsumen dan industri di negara-negara seperti Jerman.

Roiss memperingatkan tidak ada cukup jaringan pipa untuk mengamankan pasokan gas Eropa dari sumber lain, dan meskipun gas besar ditemukan seperti di Laut Hitam, itu akan memakan waktu satu hingga dua tahun untuk mengetahui berapa banyak gas yang ada, dan kemudian berapa banyak pipa tambahan akan diperlukan, demikian laporan Xinhua.

(A026)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014