...mereka bersedia membantu kita untuk membangun lembaga pembiayaan industri
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian menyatakan bahwa Kamar Dagang dan Industri Eropa (Kadin Eropa/EuroCham) akan membantu Indonesia menyusun draf pembentukan lembaga pembiayaan industri.

"Mereka (EuroCham) mengatakan di Eropa ada European Investment Bank, mereka bersedia membantu kita untuk membangun lembaga pembiayaan industri," kata Staf Ahli Kementerian Perindustrian Bidang Penguatan Strukur Industri Achdiat Atmawinata seusai melakukan diskusi dengan Kadin Eropa di Jakarta, Jumat.

Achdiat mengatakan dalam pertemuan itu ia sempat meminta Kadin Eropa memberikan informasi terkait pembentukan European Investment Bank, agar bisa menjadi rekomendasi dalam penyusunan draft lembaga pembiayaan industri di Indonesia.

Menurut Achdiat, selama ini industri nasional tidak memiliki lembaga pembiayaan yang benar-benar pro industri. Ketika pelaku industri ingin mendapatkan modal investasi jangka panjang, pengusaha kerap diberikan bunga komersial. "Kalau masih seperti itu bagaimana industri kita mau melawan negara lain," kata dia.

Achdiat mencontohkan, dulu Indonesia memiliki Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), namun akhirnya bergabung dengan tiga bank lain menjadi Bank Mandiri. "Kita ingin mendorong adanya lembaga pembiayaan untuk industri, apapun itu namanya. Ini masih kita susun, dan semua partisipasi akan kita tampung," kata Achdiat.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014