... lima awak di pesawat angkut berat itu tewas... "
New Delhi (ANTARA News) - Satu pesawat C-130J Hercules Angkatan Udara India jatuh, Jumat, menewaskan lima awaknya, dalah serangkaian kecelakaan akibat standar keselamatan yang buruk dalam badan-badan angkatan bersenjata negara itu.

Bulan lalu, panglima angkatan laut India mundur, memikul tanggung jawab moral atas serangkaian musibah, pada saat yang sama yang menewaskan dua perwira akibat asap di satu kapal selam.

Satu pesawat C-130J Hercules jatuh di satu daerah terpencil negara bagian Madhya Pradesh dalam satu misi pelatihan rutin.

Semua lima awak di pesawat angkut berat itu tewas, kata juru bicara Angkatan Udara India, Kapten Gerard Galway. Kementerian pertahanan mengatakan pihaknya memerintahkan penyelidikan penyebab kecelakaan itu.

Pesawat terbang angkut berat itu, produksi Lockheed Martin Corp, Amerika Serikat, salah satu dari enam yang dibeli angkatan udara seharga 962 juta dolar Amerika Serikat, pada 2011.

Pesawat itu jatuh di barat kota Gwalior setelah lepas landas pukul 10.00 waktu setempat (11.30 WIB) dari Agra, tempat monumen terkenal Taj Mahal.

Itu adalah kecelakaan pertama C-130J Hercules Angkatan Udara India, yang selama beberapa tahun dilanda kecelakaan pesawat-pesawat tempur MiG-21 buatan Rusia.

"Lebih dari separuh armada MiG yang terdiri atas 872 pesawat jatuh yang menewaskan 171 pilot," kata Menteri Pertahanan India, AK Antony, kepada parlemen pada 2012.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014