Sepang (ANTARA News) - Mercedes menggaris bawahi superioritas mereka pada musim baru Formula 1 ketika Lewis Hamilton dan Nico Rosberg memimpin daftar catatan waktu di sesi-sesi latihan Grand Prix Malaysia pada Jumat.

Hamilton memuncaki sesi pembuka di mana rekan setimnya berada di urutan ketiga, dan Rosberg, pemenang balap pembuka musim di Australia, yang mengendalikan fase akhir latihan.

Kedua pebalap itu membawa pesan, "#TributeTOMH370," pada mobil-mobil mereka ketika Malaysia berduka atas 239 orang penumpang jet yang hilang diasumsikan meninggal dunia. Balap Minggu akan diawali dengan mengheningkat cipta.

Ketika latihan Jumat tidak memberi dampak besar terhadap balap di akhir pekan, Mercedes akan senang untuk dapat memperpanjang dominasi yang mereka perlihatkan di Australia - meski di persaingan para pebalap papan atas sangat ketat di sesi kedua.

Catatan waktu Rosberg yakni 1 menit 39, 909 detik lebih cepat 1/300 detik dari pebalap Ferrari Kimi Raikkonen, di mana juara dunia Sebastian Vettel memperbaiki penampilannya dengan tertinggal 1/600 detik di urutan ketiga. 11 pebalap teratas hanya terpaut sebanyak satu detik.

Hamilton, yang sempat keluar jalur pada kedua sesi, berada di urutan keempat pada sesi kedua dengan mengunguli pebalap Ferrari Fernando Alonso, Felipe Massa dari Williams, Daniel Ricciardo dari Red Bull, dan pebalap McLaren Jenson Button.

Pebalap Lotus Pastor Maldonado dan Kamui Kobayashi dari Caterham keduanya tidak mengikuti sesi kedua karena mobil-mobilnya sedang diperbaiki, ketika start buruk mereka pada musim ini berlanjut.

Dan Lotus mendapat hantaman lain ketika Romain Grosjean harus masuk pit lebih awal untuk melakukan perbaikan pada mobilnya sebelum terlambat kembali masuk lintasan - ketika ia mendapat masalah lain dengan gearnya dan harus berhenti latihan.

Jean-Eric Vergne dan Nico Hulkberg, yang sempat menjadi yang tercepat pada awal sesi kedua, melebar dan masuk gravel ketika masalah-masalah pengendalian mobil masih menggelayuti mobil-mobil Formula 1 yang baru pada tahun ini.

"Ini benar-benar tidak dapat dikendalikan dengan baik," geram pebalap Denmark Kevin Magnussen, yang lolos kualifikasi di urutan kedua untuk McLaren pada balap debutnya di F1 dua pekan silam, sedangkan Raikkonen belakangan mengeluh, "Ban-ban belakang saya kerap tergelincir."

Rosberg merangsek ke depan pada sekitar sepertiga perjalanan dari laju selama 90 menit dan ia belakangan bergabung dengan Hamilton di puncak, ketika catatan waktu memperlihatkan Mercedes memperlihatkan adaptasi super mereka terhadap perubahan-perubahan teknis tahun ini.

Namun Raikkonen kemudian memisahkan kedua rekan setim itu saat ia menduduki urutan kedua dan Vettel juga mencatatkan waktu lebih cepat daripada Hamilton ketika juara dunia empat kali asal Red Bull itu memperlihatkan tanda-tanda keberanian.

Ricciardo berjuang dari diskualifikasi yang didapatnya dari posisi kedua karena masalah-masalah regulasi bahan bakar, dan sesinya berakhir ketika ia melaju melebar dan masuk gravel serta area berumput, demikian AFP.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014