Saya khawatir Golput akan bisa mencapai 40 persen pada pemilu kali ini,"
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Demokrat Boki Ratu Nita Budhi Susanti memperkirakan tingkat Golput pada Pemilu Legislatif 9 April 2014 bisa mencapai 40 persen.

"Saya khawatir Golput akan bisa mencapai 40 persen pada pemilu kali ini," kata permaisuri Sultan Ternate Mudaffar Syah itu di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan kondisi terakhir di lapangan menurut pantauannya sudah semakin memprihatinkan ketika masyarakat sudah tidak percaya lagi pada partai-partai politik.

Menurut Boki yang tahun ini menjadi Caleg DPR RI Dapil Maluku Utara (Malut ) itu sebagian besar masyarakat mulai menurun tingkat kepercayaannya terhadap partai-partai politik.

"Mereka sudah lelah dengan janji-janji parpol, adegan tokoh parpol yang banyak terlibat kasus, korupsi, perselingkuhan. Ini menyebabkan masyarakat jadi apatis," katanya.

Kondisi itu kata Boki jelas akan mendorong kesadaran masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya semakin rendah.

Oleh karena itu ia berpendapat pemerintah perlu terus-menerus meyakinkan dan menyosialisasikan perlunya menyalurkan hak pilih dalam pemilu kepada masyarakat.

Ia juga berharap meningkatnya komitmen wakil rakyat untuk memperjuangkan kepentingan rakyat yang diwakilinya di tingkat parlemen.

"Jangan hanya turun ketika mendekati pemilu saja lalu lupa saat sudah duduk di kursi parlemen," katanya.(*)

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014