Palangka Raya (ANTARA News) - Calon anggota legislatif perempuan dari Partai Demokrat Hj Umi Mastikah mengungkapkan bahwa pemilihan umum 2014 merupakan kesempatan emas bagi kaum hawa untuk menunjukkan bahwa mereka mampu bersaing dengan laki-laki.

"Pemilu merupakan kesempatan emas bagi caleg kaum perempuan yang ingin terjun di dunia politik, khususnya di Partai Demokrat," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Dia berpendapat sampai saat ini keberadaan perempuan di parlemen masih cenderung hanya sebagai syarat pemenuhan kuota 30 persen.

Caleg daerah Pemilihan (Dapil) Palangka Raya 3 yang meliputi Pahandut itu mengatakan, pada Pileg kali ini Partai Demokrat khususnya di Kota Palangka Raya betul-betul memanfaatkan kesempatan tersebut, sehingga ke depan diharapkan apabila kaum perempuan terpilih menjadi anggota legislator bisa lebih memperjuangkan hak-hak kaumnya.

Dia mengakui bahwa masih ada kaum perempuan yang belum diperdayakan dengan maksimal.

"Masalah inilah yang ingin diwujudkan dari caleg perempuan.

Tetapi mereka juga harus mempunyai keterampilan khusus untuk menunjang kesejahteraan ekonomi keluarga mereka," kata Ketua DPC Demokrat Kota Palangka Raya itu.(*)

Pewarta: Ronny NT
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014