... melepaskan tembakan senapan otomatis ke mobil Range Rover yang membawa Butrus al-Bayya... "
Tripoli, Lebanon (ANTARA Newqs) - Seorang polisi Lebanon tewas Jumat dalam serangan oleh orang-orang bersenjata tak dikenal di Tripoli, kota wilayah utara yang dilanda bentrokan-bentrokan sektarian terkait dengan konflik di Suriah, kata satu sumber keamanan.

"Dua orang yang naik sepeda-motor melepaskan tembakan senapan otomatis ke mobil Range Rover yang membawa Butrus al-Bayya, seorang anggota Badan Keamanan Dalam Negeri," kata sumber itu kepada AFP.

Mobil itu dihantam 18 peluru dan Bayya tewas di lokasi kejadian, kata sumber itu.

Tripoli dilanda gelombang kekerasan antara mayoritas Sunni, yang mendukung pemberontakan di Suriah, dan minoritas Syiah Alawite pro-Presiden Bashar al-Assad.

Insiden Jumat itu merupakan kasus kelima dimana seorang aparat dibunuh dengan cara demikian di kota tersebut sejak Februari, namun para pejabat masih belum mengetahui motifnya.

Kamis, orang-orang bersenjata bertopeng yang naik sepeda-motor membunuh seorang prajurit Lebanon di Tripoli, dan sehari sebelumnya seorang pegawai pemerintah kota itu dibunuh dengan pola serupa.

Ketegangan meningkat di Lebanon terkait konflik Suriah, setelah kelompok Hizbullah mengumumkan dukungannya dan mengirim pasukan untuk membantu Presiden Bashar al-Assad menumpas pemberontak Suriah.

Meski Lebanon secara resmi netral dalam perang di Suriah, negara itu terpecah antara pendukung Assad dan pendukung pemberontak Suriah.

Damaskus mendominasi Lebanon secara militer dan politik selama hampir 30 tahun hingga 2005.

Pada 18 Agustus 2013 lima roket mendarat di dan sekitar kota Hermel, sebuah pangkalan Hizbullah di Lebanon timur.

Hermel dan daerah-daerah lain di Lebanon timur, yang menjadi pangkalan kelompok Syiah Lebanon Hizbullah, diserang sejumlah roket dari Suriah dalam beberapa bulan ini.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014