Rasanya sedih, tentu saja.
Miami (ANTARA News/Reuters) - Petenis nomor satu dunia Rafa Nadal dan nomor dua Novak Djokovic maju ke babak final turnamen tenis Sony Terbuka di Miami, Jumat, setelah kedua lawan mereka mundur karena mengalami cedera dan sakit.

Djokovic terlebih dahulu maju ke putaran final, yang akan berlangsung Minggu, ketika pemain dari Jepang Kei Nishikori mundur karena mengalami cedera pada ototnya.

Beberapa jam kemudian turnamen itu kembali dikejutkan ketika unggulan ketujuh dari Ceko, Tomas Berdych, mengumumkan pengunduran diri juga karena mengalami sakit pada perutnya, sehingga Nadal dengan bebas melenggang ke final.

Ribuan penggemar tenis datang ke kompleks Crandon Park dengan
harapan akan menyaksikan pertandingan menegangkan dari dua laga para pemain kondang itu.

"Sorry untuk Kei. Sorry untuk Thomas. Sorry bagi turnamen. Khususnya bagi pendukung," kata Nadal melalui akun Twitter setelah kedua petenis itu mundur.

Nadal maju ke babak final untuk keempat kalinya dan kali ini mencoba meraih gelar juara pertama kalinya di lapangan keras Miami, laga juara tiga kali Djokovic.

Nishikori maju ke putaran empat besar setelah mengalahkan unggulan keempat dari Spanyol David Ferrer di putaran keempat disusul kemenangan di perempat final atas penyandang 17 gelar turnamen grand slam dari Swiss, Roger Federer.

"Rasanya sedih, tentu saja. Semifinal merupakan turnamen besar bagi saya," kata Nishikori kepada wartawan. "Saya bermain baik dan mengalahkan (Grigor) Dimitrov, David (Ferrer) dan Roger (Federer). Saya takjub bermain di sini di semifinal."

"Tapi sayang, saya tidak dapat melanjutkannya. Saya mencoba melakukan pemanasan hari ini, tapi saya tidak dapat menggerakkan badan saya dengan leluasa," katanya.

Nishikori mengatakan, rasa nyeri pada beberapa bagian badannya mengganggunya beberapa kali belakangan ini terutama ketika melawan Federer, saat bermain dalam cuaca yang semakin dingin petang hari di Forida Selatan.

Pemain nomor satu dari Jepang itu juga mundur di turnamen Delray Beach Februari lalu dengan alasan yang sama.

Nishikori akan kembali ke Jepang untuk menemui dokternya dalam usaha menyembuhkannya agar dapat prima membantu tim Jepang dalam Piala Davis melwan Republik Ceko bulan depan.

"Saya belum tahu apakan saya dapat turun tapi saya harus mencobanya," kata Nishikori. "Sepertinya sakit ini tidak perlu dioperasi ... saya rasa tidak perlu, tapi saya harus cepat menemui dokter."

Berdych mengatakan rasa sakit menderanya sepanjang hari.

"Saya bangun pagi dan merasa sakit pada perut saya. Saya ke toilet dan saya diserang diare hebat. Saya tidak dapat berbuat apa-apa," katanya.

"Saya kehilangan cairan tubuh saya dan merasa lemah," katanya.

"Saya menemui dokter dan diberi obat. Tapi hal itu tidak banyak membantu," katanya.

Mundurnya pemain merupakan kedua yang terjadi bagi Djokovic dalam turnamen itu, karena pada putaran ketiga Florian Mayer mundur, juga karena merasa sakit tiba-tiba pada badannya.

"Ini merupakan pertama kali terjadi bagi saya, dua lawan mundur pada turnamen sama dan ini merupakan salah satu hal yang juga menimpa mental pemain," kata Djokovic.

"Saya latihan hari ini 30-40 menit di lapangan tengah dan saya menemukan irama permainan saya dan mencoba mempertahankannya sebelum lawan saya mundur," katanya.

"Saya menang di Indian Wells dan saya merasa memiliki rasa percaya diri besar dan saya merasa dapat melakukan yang terbaik di sini," katanya.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014