Karakas (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Venezuela Elias Jaua, Jumat (28/3) menyeru semua partai untuk mengutuk aksi protes dengan kekerasan  dan bergabung dalam dialog nasional bagi perdamaian.

Semua partai mesti mengutuk protes yang dilancarkan oleh kelompok oposisi radikal sayap-kanan yang berusaha menggulingkan Pemerintah Presiden Nicolas Maduro, dan mendorong dialog, kata Jaua dalam satu wawancara yang ditayangkan melalui jaringan berita TeleSUR.

"Dialog adalah sesuatu yang telah menjadi ciri khas kami (pemerintah), sebab kami adalah pihak yang menyerukan dialog nasional" sejak awal, kata Jaua.

Setelah kunjungan dua hari, menteri luar negeri dari negara anggota Uni Negara Amerika Selatan (Unasur) mengutuk kerusuhan dan mengakui keinginan Pemerintah Venezuela untuk memfasilitasi dialog dengan semua kelompok, kata Jaua. Venezuela adalah salah satu anggota perhimpunan itu..

"Unasur mengakui gagasan damai yang kami dorong," kata Jaua, sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Semua kelompok yang mendorong protes rusuh mesti "bergabung dalam dialog dengan kejujuran dan komitmen" guna meningkatkan masalah penting bagi masyarakat Venezuela. Sementara itu kubu konservatif akan berfungsi sebagai saksi atas apa yang akan dikatakan dan disepakati jika mereka setuju berbicara dengan pemerintah, katanya.

Tak kurang dari 37 orang telah tewas dan 559 orang lagi cedera dalam gelombang protes rusuh anti-pemerintah di seluruh Venezuela sejak 12 Februari.

(C003)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014