Ketika bertandang ke Maladewa, Arema mampu meraih poin sempurna, sehingga di Malang pun harus bermain tanpa beban agar bisa mendulang poin dan menambah pundi-pundi gol,"
Malang (ANTARA News) - Pelatih Arema Cronus Indonesia Malang, Jawa Timur, Suharno menginstruksikan para pemain tim berjuluk Singo Edan itu bermain tanpa beban ketika menghadapi tamunya Maziya S&R Maladewa di ajang Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) Cup.

"Ketika bertandang ke Maladewa, Arema mampu meraih poin sempurna, sehingga di Malang pun harus bermain tanpa beban agar bisa mendulang poin dan menambah pundi-pundi gol," kata Suharno, Sabtu.

Arema akan menghadapi Maziya S&R di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Selasa (1/4). Ketika bertandang ke Maladewa, Arema mampu meraih tiga angka setelah menaklukkan tuan rumah dengan skor 1-3.

Lebih lanjut Suharno mengatakan, ketika tim bermain tanpa beban, ada kecenderungan tim tersebut bisa menampilkan semua potensi dan kekuatan yang dimilikinya dan justru mampu meraih kemenangan.

Selain menginstruksikan pemainnya untuk bermain lepas (tanpa beban), Suharno juga mengingatkan anak asuhnya untuk mewaspadai tim lawan yang kemungkinan besar juga bermain tanpa beban.

Menyinggung persiapan akhir Arema menjelang menjamu Maziya, Suharno mengatakan anak asuhnya siap tempur. Semua elemen tim dinyatakan dalam kondisi sangat positif, setelah menjalani dua kali pertandingan uji coba dalam sepekan terakhir dengan format trofeo.

Pada trofeo pertama, Selasa (25/3), Arema meladeni Arema U-21 dan Arema U-17. Sedangkan trofeo kedua (27/3), Arema melakoni pertandingan meladeni Persekam Metro FC dan Persikoba Kota Batu yang disaksikan Nirwan Bakrie.

Hanya saja, pada trofeo kedua itu Arema tak mampu menjebol gawang Persekam Metro FC maupun Persikoba Kota Batu karena hanya bermain imbang 0-0. "Hasil imbang melawan tim lokal ini tidak akan berimbas pada performa ketika menghadapi Maziya," tegas Suharno.

Menurut dia, tidak maksimalnya anak asuhnya itu karena berbagai pertimbangan, di antaranya memikirkan risiko cedera, sehingga tidak bisa "all out" menghadapi Persikoba dan Persekam.

"Pada saat uji coba, tim memang tidak boleh berlebihan karena akan menghadapi laga berat. Kami akan melakukan segalanya di pertandingan nanti, sehingga tidak perlu khawatir kalau uji coba kemarin Arema tidak bermain all out," ujarnya.

Di ajang AFC Cup 2014, Arema berada di grup F bersama Selangor FA Malaysia, Hanoi T&T Vietnam dan Maziya S&R Maladewa. Dari tiga laga yang sudah dilakoni Arema melawan Selangor FA, Hanoi T&T dan Maziya S&R Vietnam, Arema meraih empat poin dan berada di posisi kedua atau satu strip di bawah Hanoi T&T yang mengemas 9 poin.

(E009/C004)

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014