Jakarta (ANTARA News) - Manajer David Moyes bisa bernafas lega setelah belakangan ini dikritik penggemar MU, menyusul kemenangan meyakinkan 4-1 Manchester United atas tamunya Aston Villa pada laga Liga Premier malam ini.

MU yang menguasai 56 persen distribusi bola dan 15 kali melepaskan upaya gol yang sembilan di antaranya on target, kebobolan lebih dulu pada menit 13 lewat tendangan bebas Ashley Westwood.

Gol ini didahului oleh pelanggaran Rafael yang membuat Villa mendapat tendangan bebas. Gelandang Villa ini mengeksekusi tendangan bebas ke sudut kanan bawah gawang MU yang dijaga David De Gea.  Old Trafford langsung senyap oleh gol ini.

MU tersentak untuk bangkit menyerang guna menyamakan kedudukan. Hasilnya tujuh menit kemudian Wayne Rooney menciptakan gol penyama kedudukan pada menit 20 setelah menerima umpan silang Shinji Kagawa. David Moyes menarik nafas lega.

25 menit kemudian Moyes semakin tenang setelah MU mendapat hadiah penalti pada menit 45 menyusul pelanggaran Leandro Bacuna terhadap Juan Mata di kotak terlarang.

Wayne Rooney tak menyianyiakan kesempatan untuk berbalik unggul ini setelah dengan mulus memasukkan gol keduanya malam ini guna membawa MU unggul 2-1 sampai babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Moyes memasukkan Michael Carrick untuk menggantikan Rafael demi membentengi garis belakang MU.

MU tetap dominan di babak ini, namun Villa beberapa kali melakukan tusukan dengan menciptakan lebih banyak upaya gol dibanding yang bisa mereka ciptakan pada babak pertama kendati hanya satu yang benar-benar mengancam David de Gea.

Villa tampil lebih agresif pada babak kedua ini, namun tak bisa menciptakan satu pun gol. Sebaliknya MU menambah golnya lewat gol ketiga yang dilesakkan Juan Mata pada menit 57.

Mata akhirnya membayar tuntas 37 juta poundsterling harga transfernya setelah mendapat pasokan bola dan ruang yang diciptakan Marouane Fellaini di kotak penalti Villa.

Gelandang Spanyol ini mengakhiri tusukan MU tersebut dengan tembakan manis ke sudut bawah gawang Villa. Kedudukan berubah 3-1.

Villa berusaha mengejar ketinggalan diantaranya dengan menyegarkan permainan dengan memasukkan Matthew Lowton dan Aleksandar Tonev.

Tapi justru MU yang menambah gol setelah tepat pada menit 90, Javier Hernandez mengonversi umpan Adnan Januzaj untuk mengubah kedudukan menjadi 4-1.

Posisi ini sudah mustahil dikejar Villa dan MU pun sukses meraih poin penuh dengan kemenangan telak, namun tetap di posisi tujuh dengan 54 poin, demikian ESPN.com.

Susunan pemain:
Manchester United
: David De Gea, Rafael (Michael Carrick), Phil Jones, Nemanja Vidic, Alexander Buttner, Juan Mata, Ashley Young, Darren Fletcher, Shinji Kagawa (Adnan Januzaj), Marouane Fellaini, Wayne Rooney (Javier Hernandez)
 
Aston Villa: Brad Guzan, Ron Vlaar, Ciaran Clark, Leandro Bacuna, Ryan Bertrand, Andreas Weimann, Gabriel Agbonlahor (Aleksandar Tonev), Marc Albrighton (Matthew Lowton), Ashley Westwood, Fabian Delph, Christian Benteke

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014