Berlin (ANTARA News) - Tim juara Bayern Munchen gagal mendapatkan nilai maksimal untuk ketiga kalinya di Liga Jerman pada musim ini, setelah mereka ditahan imbang 3-3 oleh tamunya Hoffenheim pada Sabtu.

Bayern dikonfirmasi menjadi juara Jerman untuk ke-24 kalinya dengan tujuh pertandingan yang belum dimainkan, setelah pada Selasa menang 3-1 di markas Hertha Berlin, namun setelah berpesta besar-besaran di ibukota, penampilan sang juara Eropa sedikit menurun saat bermain di markas sendiri Allianz Arena.

Hoffenheim mengakhiri laju 19 kemenangan beruntun Bayern di Liga Jerman, menyalakan alarm tanda bahaya bagi raksasa Munich itu menjelang pertandingan perempat final pertama Liga Champions di markas Manchester United pada Selasa.

Dan gelandang Spanyol Thiago Alcantara dipastikan absen pada pertandingan di Manchester karena ia menderita cedera lutut, setelah hanya tampil selama 25 menit saat melawan Hoffenheim.

"Kami perlu menganalisa apa yang terjadi pada hari ini," kata pelatih Bayern Pep Guardiola.

"Jika kami bermain seperti yang kami lakukan pada hari ini di babak kedua, kami bukan favorit untuk (pertandingan) Selasa melawan Manchester. Kami akan kehilangan Thiago, ia merupakan pemain istimewa di lapangan tengah."

Pertandingan dengan banyak gol selalu terjadi ketika dua tim dengan catatan torehan gol tertinggi dalam pertemuan di liga - Bayern dengan 82 gol sedangkan Hoffenheim 63 gol. Bagaimanapun, ini merupakan pertama kalinya Bayern kemasukan tiga gol di pertandingan Liga Jerman musim ini.

Meski demikian, ini merupakan ketiga kalinya mereka gagal menang pada musim ini, dan mereka masih berada di jalur untuk menjadi tim pertama yang menjuarai Liga Jerman tanpa menelan satu pun kekalahan.

Guardiola mengistirahatkan sejumlah pemain bintang seperti Arjen Robben, Mario Mandzukic, Philipp Lahm, dan kiper Manuel Neuer dari tim intinya, namun ia masih memainkan sembilan pemain internasional.

Penyerang veteran Claudio Pizarro mencetak dua gol, sedangkan pemain sayap Swiss Xherdan Shaqiri juga masuk dalam daftar pencetak gol di babak pertama, setelah Hoffenheim unggul terlebih dahulu melalui penyerang Anthony Modeste.

Gelandang Bosnia Sejad Salihovic melepaskan tendangan bebas melengkung pada menit ke-44, untuk mengubah skor menjadi 3-2 saat turun minum.

Hoffenheim menyamakan kedudukan pada menit ke-75, ketika pemain sayap kiri asal Brazil Roberto Firmino menyambut umpan terobosan dan tembakannya gagal digagalkan bek tengah Dante dan kiper Tom Starke.

Meski imbang, Bayern masih unggul 23 angka di puncak klasemen, dan mereka memperpanjang laju tidak terkalahkan di Liga Jerman menjadi 53 pertandingan.

Dortmund bangkit di kandang Stuttgart


Di tempat lain, pemain sayap Jerman Marco Reus mencetak trigol ketika Borussia Dortmund bangkit dari tertinggal dua gol untuk menang 3-2 di markas Stuttgart.

Dortmund, yang akan bertandang ke markas Real Madrid pada Rabu di perempat final Liga Champions, mendapati dirinya tertinggal 0-2 saat pertandingan baru bergulir 20 menit.

"Kami tidak berpegang pada rencana di babak pertama dan jelas perlu tertinggal ketika sejumlah hal meningkat tajam pada babak kedua," kata pelatih Dortmund Jurgen Klopp.

Christian Gentner dan Martin Hanik memaksimalkan buruknya pertahanan lawan Dortmund untuk mencetak gol bagi tuan rumah, namun Reus mampu memperkecil ketinggalan melalui penyelesaiannya pada menit ke-30, dan menyamakan kedudukan ketika ia mengoversi penalti pada menit ke-68 setelah pemain Stuttgart Georg Niedermeier diusir keluar lapangan karena melanggar Robert Lewandowski di area terlarang.

Reus memberikan kemenangan pada timnya ketika ia melengkapi trigolnya melalui tembakan jarak jauh, yang berubah arah karena mengenai bek Daniel Schwaab pada menit ke-83.

Bayer Leverkusen tetap berada di peringkat keempat meski bermain imbang 1-1 atas tamunya Eintracht Brauschweig, ketika pasukan Sami Hyypia masih kesulitan mendulang kemenangan, di mana mereka hanya meraih satu kemenangan dari 11 pertandingan terakhirnya.

Braunzchweig unggul terlebih dahulu melalui bek Ken Reichel beberapa saat setelah turun minum, sebelum Stefan Kiessling mencetak gol penalti pada menit ke-53 untuk menyamakan kedudukan.

Tim peringkat kelima VfL Wolfsburg tertinggal hanya satu angka dari Bayer Leverkusen setelah mereka menang 2-1 atas Eintracht Frankfut, di mana bek Brazil Naldo mencetak gol kemenangan timnya pada menit ke-89.

Freiburg tidak terkalahkan dalam empat pertandingan terakhirnya ketika mereka menikmati kemenangan 3-2 atas tamunya Nuremberg, yang membuat mereka unggul lima angka dari zona degradasi.

Mainz merangsek ke zona enam besar dengan kemenangan 3-0 atas tamunya Augsburg, sedangkan pada Jumat Schalke 04 menang 2-0 atas Hertha Berlin.

Pemain Nigeria Chinedu Obasi membawa Schalke unggul pada menit ke-16, di mana bintang Belanda Klaas-Jan Huntelaar menambahi gol kedua beberapa saat setelah turun minum.

Itu merupakan gol ke-11 Huntelaar dari 13 pertandingan, pada musim yang diganggu operasi pada lututnya, demikian AFP melaporkan.

(SYSH-RF/A016)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014