Bukares (ANTARA News) - Gempa dengan kekuatan 4,9 pada Skala Richter, Sabtu (29/3), mengguncang Wilayah Vrancea, Rumania Timur, demikian keterangan National Institute for Earth Physics (INFP).

Itu adalah gempa paling kuat yang tercatat di negeri tersebut pada tahun ini.

Gempa tersebut terjadi pada kedalaman 150 kilometer, dan mengguncang daerah pegunungan di Kabupaten Buzau, sekitar 150 kilometer di sebelah timur-laut Ibu Kota Rumalia, Bukares.

Gempa itu terjadi ketika empat gempa lain dengan kekuatan 2,9 sampai 4,3 derajat pada Skala Richter mengguncang daerah yang sama.

Tak ada laporan mengenai korban jiwa pada saat ini, kata Xinhua, Minggu pagi.

Lebih dari 50 guncangan telah terjadi di Wilayah Vrancea tahun ini, tujuh di antaranya berkekuatan di atas empat dan lebih dari lima derajat pada Skala Richter.

Gempa dengan kekuatan 5,5 pada Skala Richter mengguncang Wilayah Vrancea pada 6 Oktober 2013 dan delapan gempa lain dengan kekuatan di atas empat dan lebih dari lima pada Skala Richter mengguncang wilayah yang sama tahun lalu.

Wilayah Vrancea, termasuk Kabupaten Vrancea dan Buzau, adalah salah satu daerah seismik aktif di Eropa. Wilayah itu dikenal karena gempa dengan kedalaman sedang (70-200 kilometer), dan dapat mencapai kekuatan 7,0 sampai 7,8 Skala Richter.

Pada Maret 1977, gempa dengan kekuatan 7,6 pada Skala Richter menewaskan 1.600 orang di Rumania dan merusak 8.500 bangunan.

(C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014