Temanggung (ANTARA News) - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengimbau warga Muhammadiyah menghindari politik uang dalam pelaksanaan Pemilu 2014.

"Muhammadiyah menekankan politik uang supaya dihindari, dalam bentuk apa pun karena ini merupakan turunan dari rasuah yang merupakan laknatullah bagi penyuap maupun yang disuap," katanya usai menghadiri Hari Bermuhammadiyah di Temanggung, Jawa Tengah, Minggu.

Ia mengatakan, politik uang akan merusak mentalitas dan budaya masyarakat. "Kalau hal itu terjadi maka untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas jauh dari harapan," katanya.

Ia mengatakan, Muhammadiyah tidak memiliki hubungan organisatoris struktural dengan partai politik manapun, namun warga Muhammadiyah dipersilakan untuk berkiprah di banyak parpol dan menjadi pejuang-pejuang dakwah di parpol.

Dalam kesempatan tersebut, Din pun mengimbau masyarakat untuk cerdas memilih calon anggota legislatif, yakni yang memiliki integritas moral. Caleg dengan integritas moral yang baik diyakini amanah dan bertanggung jawab sebagai wakil rakyat, bukan wakil diri sendiri atau partainya.

"Muhammadiyah juga menyarankan pilih yang berkualitas dan mempunyai kapasitas di DPR supaya bisa menjadi agen perubahan dan perbaikan," katanya.

Ia mengatakan, PP muhammadiyah telah mengeluarkan maklumat dalam rangka menghadapi pemilu 9 April 2014, antara lain menegaskan pandangan bahwa pemilu adalah agenda nasional yang penting. Pemilu dipandang sebagai cara damai untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara .


Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014