Gorontalo (ANTARA News) - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo, Maspa Mantulangi mengatakan, kaum perempuan yang menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) pada Pemilu 2014, jangan hanya jadi pelengkap.

Demikian dikatakan Maspa, pada kegiatan bakti sosial dengan tema "Kampanye pilih caleg perempuan" yang diselenggarakan United Nations Development Programme (UNDP) bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Minggu.

Maspa menjelaskan, saat ini ada sebanyak 399,074 orang perempuan di Provinsi Gorontalo terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu Tahun 2014.

Sementara jumlah caleg perempuan yang telah resmi terdaftar sebagai Daftar Calon Tetap (DCT) berjumlah 875 orang, dari semua partai peserta pemilu.

"Dan sudah memenuhi kuota 30 persen," Kata Maspa.

Dengan demikian jumlah DPT itu maka para caleg perempuan berkesempatan untuk melihat kaumnya sendiri yang bisa diwakili nanti.

Maspa menambahkan, salah satu kendala yang dihadapi oleh kaum perempuan saat mencalonkan dirinya sebagai caleg adalah persoalan finansial atau keuangan.

"Sehingga jarang terjadi ada caleg perempuan yang melakukan politik uang maupun suap," kata Maspa.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014