Purwokerto (ANTARA News) - Calon Anggota DPR-RI dari Partai Gerindra Sadar Subagyo mengatakan penyelenggaraan Festival Budaya Dalang dan Lengger sebagai upaya melestarikan dan menghidupkan budaya Banyumasan.

"Ini adalah upaya menghidupkan budaya dan tradisi Banyumasan yang dipelopori oleh sekelompok pemuda yang tergabung dalam Karangtaruna Perkasa," ujar Caleg DPR daerah pemilihan Jawa Tengah VIII Sadar Subagyo di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu.

Menurut dia, Festival Dalang diikuti oleh 14 dalang yang berasal dari berbagai kabupaten dari Cilacap, Banyumas dan sekitarnya, sedangkan untuk Lengger diikuti 14 tim.

"Saya sangat mengapresiasi adanya acara yang dilakukan anak-anak muda. Kalau bukan kita yang memperhatikan budaya banyumasan, siapa lagi," kata dia.

Meski ia mensponsori acara tersebut dan mencalonkan diri menjadi Caleg dari daerah Banyumas dan Cilacap, dirinya tidak mau memanfaatkan acara tersebut untuk memasang spanduk-spanduk dirinya dan partai.

"Ini adalah acara budaya, jadi kita ingin masyarakat bisa hadir menyaksikan," ujar dia.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana Rindang Suroto. Ia mengatakan festival budaya diadakan untuk menghidupkan budaya tradisional. Agar tetap hidup dan bertahan ditengah masyarakat.

"Ditengah gempuran budaya dari luar, kita harus tetap mempertahankan karakter budaya nenek moyang kita selain memberikan hiburan kepada masyarakat," ujar dia.

Festival Dalang berlangsung selama empat hari berturut-turut dari mulai tanggal 27--30 Maret 2014. Untuk penjurian, Panitia mendatangkan juri dari ISI, Surakarta, RRI Purwokerto dan dinas Pariwisata, Cilacap. Untuk pemenangnya di hari terakhir akan tampil bersamaan membawakan cerita yang sama.

"Mereka kita kasih waktu satu setengah jam untuk tampil membawakan satu cerita wayang yang sama," kata dia.

Pemenang festival Dalang ini akan dipromosikan ke berbagai acara-acara dalam tingkat nasional.

Sedangkan festival Lengger akan diadakan selama satu hari penuh yakni pada 30 Maret 2014. Lengger merupakan budaya menari asli Banyumas yang lahir di Cilacap. Saat ini kesenian tari Lengger tersisih dari budaya modern yang merasuk ke masyarakat.

(A063/A011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014