Purwokerto (ANTARA News) - Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, Surono mengatakan jumlah penumpang kereta api pada libur panjang akhir pekan meningkat sekitar 20 persen.

"Dari pantauan kami, jumlah penumpang kereta api yang datang maupun berangkat dari wilayah Purwokerto selama libur panjang akhir pekan berkaitan dengan Hari Raya Nyepi meningkat sekitar 20 persen," katanya di Purwokerto, Senin.

Pada hari-hari biasa, kata dia, jumlah penumpang yang datang maupun berangkat dari Purwokerto relatif hampir sama, yakni sekitar 1.500 orang per hari.

Sementara pada liburan panjang ini, lanjut dia, jumlah penumpang yang datang maupun berangkat mencapai kisaran 1.800-an orang.

"Oleh karena itu, PT KAI Daop 5 Purwokerto sejak tanggal 28 Maret menambah satu gerbong (kereta) eksekutif dengan kapasitas 52 tempat duduk dalam rangkaian KA Purwojaya jurusan Cilacap-Purwokerto-Jakarta pergi pulang (pp) guna melayani penumpang yang berlibur pada libur panjang akhir pekan ini," katanya.

Dengan demikian, kata dia, dalam satu rangkaian KA Purwojaya terdiri lima kereta eksekutif, empat kereta bisnis, dan satu kereta makan.

"Penambahan rangkaian ini akan memperbesar kapasitas KA Purwojaya yang tadinya hanya 450 tempat duduk menjadi 500 tempat duduk, terdiri 250 tempat duduk kelas eksekutif dan 250 tempat duduk kelas bisnis," kata dia menjelaskan.

Selain itu, kata dia, PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga menjalankan KA Argo Lawu Tambahan jurusan Solo Balapan-Gambir.

Lebih lanjut, Surono mengatakan bahwa tiket seluruh KA dari Purwokerto tujuan Jakarta dan Bandung untuk keberangkatan tanggal 31 Maret telah habis terjual.

"Kami sudah informasikan sejak empat hari lalu bahwa tiket jurusan Jakarta dan Bandung untuk hari Senin (31/3) telah habis terjual, sehingga tidak ada masyarakat yang kecele," katanya.

Bahkan, tiket seluruh KA dari Purwokerto tujuan Jakarta untuk keberangkatan tanggal 1 April juga telah habis terjual. 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014