Sabtu, 1 November 2014

Duta besar AS untuk India mundur

| 3.954 Views
id india-amerika serikat, dubes amerika untuk india, nancy powell
Duta besar AS untuk India mundur
Nancy Powell (chennai.usconsulate.gov)
New Delhi (ANTARA News) - Duta besar Amerika Serikat untuk India mengundurkan diri setelah penangkapan seorang diplomat junior India di New York yang mendorong hubungan dua negara demokrasi terbesar dunia itu ke tingkat terendah dalam lebih dari satu dekade.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Marie Harf membantah pada Senin bahwa pengunduran diri Nancy Powell terkait dugaan ketegangan yang berlangsung setelah penangkapan diplomat India, Devyani Khobragade, pada Desember.

Amerika Serikat melihat India sebagai sekutu alami dalam berbagai isu-isu dan penyeimbang potensial China di Asia, menurut Reuters dalam laporannya.

Pada 2010, Presiden Barack Obama mengdeklarasikan bahwa hubungan India-Amerika Serikat merupakan "sebuah hubungan definisi abad 21".

Nilai perdagangan barang kedua negara mencapai 63,7 miliar dolar tahun lalu, dan Wakil Presiden AS Joseph Biden menyebut itu akan tumbuh menjadi setengah triliun dalam lima tahun.

Sementara India Times melaporkan bahwa mundurnya Nancy Powell telah membuka jalan untuk memulai dari awal hubungan India-AS dengan pemerintahan baru di New Delhi.

Dalam pernyataan yang dipublikasikan di laman kedutaan besar AS untuk India, Powell mengatakan bahwa ia telah mengajukan pengunduran diri kepada Presiden AS Barrack Obama dan akan "pensiun ke rumahnya di Delaware sebelum akhir Mei".

Sumber-sumber di Washington mengatakan di antara mereka yang dipertimbangkan untuk menggantikan Powell adalah Rajiv Shah, kepala USAID. Dia pilihan Obama untuk menempati jabatan itu.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar Pembaca