Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi Inggris Elton John akan menikahi pasangannya David Furnish setelah Inggris melegalkan pernikahan sejenis.

John (67) mengungkapkan saat diwawancara Matt Lauer dalam "Today" NBC bahwa dia dan pasangannya yang menjadi salah satu pasangan pertama yang bersatu dalam pernikahan setelah Inggris meresmikan UU Pernikahan Sejenis akan menikah dengan perayaan sederhana tahun ini, paling cepat bulan Mei.

"Kami akan melakukannya dengan sederhana," kata penyanyi itu seperti dikutip dari Reuters. 

"Namun itu akan menjadi acara membahagiakan dan dihadiri anak-anak kami."

John dan Furnish memiliki dua anak yang lahir lewat ibu pengganti, yaitu Zachary (3) dan Elijah (1). Dia mengatakan "bangga pada Inggris Raya" atas kemajuannya meresmikan pernikahan sejenis legal secara hukum.

"Ini merupakan terobosan luar biasa bagi orang-orang yang telah berjuang sejak lama -di era 60an dan 50an sangat sulit menjadi gay dan mengakui itu terang-terangan di Inggris. Dan itu adalah tindak kriminal," papar dia.

"Jadi berlakunya Undang-Undang ini merupakan hal yang harus dirayakan," tambah dia.

John adalah salah satu musisi andalan Inggris dan selebriti yang mengakui preferensi seksualnya sebagai gay. Dia kerap memanfaatkan statusnya untuk membuat pernyataan tentang kesetaraan bagi lesbian, gay, biseksual dan transgender. Sebelumnya, penyanyi itu menulis pernyataan 500 kata berisi kritik bagi Rusia yang melarang propaganda homoseksual.

Perdana Menteri Inggris David Cameron memuji pernikahan gay pertama di negara tersebut saat hukum diberlakukan, dia berkata seharusnya tidak ada yang bisa melarang seseorang menikah karena orientasi seksual.

Keputusan itu menyebabkan keretakan dalam Partai Konservatif dimana banyak orang menolak pernikahan sejenis karena bertentangan dengan kepercayaan Kristen.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014