Karena La Liga prioritas mereka, match lawan Indonesia dibatalkan
Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia senior akhirnya memilih melawan klub Villareal B sebagai pengganti klub La Liga Elche sebagai lawan tanding pada pemusatan latihan di Stadion Luiz Suner Pico, Valencia, Rabu (2/4).

Sebelumnya Timnas Garuda juga dijadwalkan akan menghadapi klub divisi empat Liga Spanyol, UD Alzira di tempat dan waktu yang sama. Namun akhirnya anak asuh Alfred Riedl lebih memilih melawan Villareal B.

"Ini force majure. Kami sudah berkomunikasi dengan Coach Alfred dan coach menyetujuinya karena semua klub La Liga tidak bisa dengan jadwal kami, menyusul perubahan jadwal La Liga," kata Direktur HPU-BTN Demis Djamaoeddin seperti dilansir tim media PSSI, Selasa.

Menurut dia, pengantian lawan tanding timnas dari Elche ke Villareal B adalah terkait dengan perubahan jadwal di La Liga Spanyol karena European Champions Cup dan European League yang melibatkan klub-klub La Liga.

"Implikasinya terhadap match (pertandingan) Indonesia melawan Elche. Elche harus main tanggal 30 Maret lawan Villareal. Karena La Liga prioritas mereka, match lawan Indonesia dibatalkan," katanya menambahkan.

Untuk masalah kualitas calon lawan, Demis mengakui jika level Villareal B masih dibawah Villareal A maupun Elche. Meski demikian pihaknya telah melakukan komunikasi dengan pelatih Alfred Riedl.

Timnas Indonesia senior yang dipersiapkan untuk Piala AFF 2014 di Singapura dan Vietnam akhir tahun ini, selama menjalani pemusatan latihan di Spanyol dijadwalkan menjalani tiga pertandingan internasional.

Pertandingan pertama menghadapi Timnas Andora di Stadion Luiz Suner Pico, Rabu (26/3). Firman Utina dan kawan-kawan pada pertandingan itu mampu menang tipis 1-0. Gol kemenangan Timnas Garuda ini diciptakan Raphael Maitimo.

Selanjutnya menghadapi Timnas Kuba. Saat melawan tim dengan rangking FIFA 99 ini, anak asuh Alfred Riedl harus menyerah 0-1. Gol yang tercipta merupakan buah gol bunuh diri yang dilakukan oleh Muhammad Roby.

Sebagai penutup rangkaian Tur Spanyol, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan klub divisi empat Spanyol, UD Alzira. Setelah itu I Made Wirawan dan kawan-kawan akan kembali ke Tanah Air.

Alfred Riedl dipastikan akan mendapatkan tugas berat untuk membentuk tim terbaik. Apalagi pelatih asal Austria itu mendapatkan target prestasi yang cukup tinggi oleh PSSI yaitu menjadi juara Piala AFF 2014.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014