Kami akan laporkan dan diskusikan dulu dengan KONI Jateng soal keputusan ini
Semarang (ANTARA News) - Peraih dua medali emas SEA Games 2011 cabang olahraga atletik Agus Prayogo secara resmi pindah dari Jawa Tengah ke Jawa Barat berdasarkan sidang Badan Arbitrase Olahraga Republik Indonesia di Jakarta, selasa.

Sekum Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jawa Tengah Joko Pranowo Adi ketika dihubungi dari Semarang, Selasa, mengatakan baru saja diputuskan dalam sidang Baori bahwa Agus Prayogo resmi menjadi atlet Jawa Barat.

Menurut dia, keputusan tersebut mendasarkan bahwa selama ini domisili atau tempat tinggal pelari asal Kota Magelang, Jateng, tersebut sudah di Jawa Barat kemudian yang bersangkutan juga bekerja di Jawa Barat.

"Keputusan baori menyebutkan bahwa Agus Prayogo ke Jabar karena alasan domisili dan tugas kedinasan," kata Joko Pranowo Adi yang mantan manajer tim Jateng pada PON 2012 Riau tersebut.

Agus Prayogo meraih dua medali emas pada SEA Games 2011 melalui nomor lari 5.000 dan 10 ribu meter kemudian pada PON 2012 menyumbangkan dua medali emas dan satu perak untuk kontingen Jawa Tengah.

Dua medali emas yang disumbangkan kepada kontingen Jateng melalui nomor spesialisasinya kemudian satu medali perak diraih dari nomor lari 1.500 meter. Pada Porprov Jawa Tengah di Kabupaten Banyumas, Oktober 2013, Agus Prayogo juga menyumbangkan dua medali emas untuk daerah asalnya yaitu Kota Magelang.

Ketika ditanya bagaimana sikap Jateng dengan keputusan sidang Baori soal kepindahan Agus Prayogo tersebut, Joko Pranowo Adi yang juga salah seorang pengurus KONI Jateng, mengatakan, hasil ini akan dilaporkan dan diskusikan dengan induk organisasi olahraga di Jateng terlebih dulu.

"Kami akan laporkan dan diskusikan dulu dengan KONI Jateng soal keputusan ini," katanya.

Ia menambahkan, untuk PON XIX/2016 Jawa Barat, memang ada wacana untuk pembatasan usia bagi atlet di cabang olahraga atletik yang bisa tampil.

"Ada wacana memang atlet yang boleh tampil pada PON di Jabar mendatang usianya maksimal 24 tahun sedangkan usia Agus sudah lebih dari itu," kata Joko Pranowo Adi saat itu.

Sebelumnya, berdasaran hasil keputusan sidang Baori, atlet lempar lembing putri Jateng Dian Kartika dinyatakan resmi pindah ke Jabar. Dian Kartika adalah peraih medali perak nomor tersebut pada PON 2012 Riau.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014