Medan (ANTARA News) - Salah satu maskapai penerbangan Tiongkok yakni China Southern Airlines berminat membuka rute penerbangan dari Bandara Kualanamu menuju Kota Guangzhou dan sebaliknya dengan transit di Penang, Malaysia.

Minat itu disampaikan GM China Southern Airlines Lie Eheng Qiang ketika mengunjungi Bandara Kualanamu, Selasa, dan berdialog dengan GM PT Angkasa Pura II Cabang Kualanamu HT Said Ridwan.

Petugas Penghubung dan Humas Bandara Kualanamu Wasfan Wahyu Widodo mengatakan, selain Lie Eheng Qiang, pertemuan itu juga dihadiri Sales Manager China Southern Airlines Yan Fei, Atase Komersial Konjen Tiongkok di Medan Guo Jing Jian, dan Ketua Komisi Guangdong Sister Province Arjan Leo.

Dalam pertemuan itu, China Southern Airlines berencana menawarkan operasional pesawat jenis Boeing 737 dan Airbus 320 dalam rute penerbangan yang transit di Singapura tersebut.

PT Angkasa Pura 2 menyambut rencana China Southern Airlines untuk membuka rute penerbangan dari Bandara Kualanamu tersebut karena dapat meningkatkan kunjungan dari Tiongkok ke Sumut.

Sebagai langkah awal kerja sama penerbangan rencananya akan dimulai Mei 2014. Rute yang ditempuh China Southern Airlines tersebut akan transit ke Singapura terlebih dulu.

"Setelah permintaan penerbangannya bagus, akan dibuat langsung Kualanamu-Guangzhou," katanya.

Menurut dia, dengan dibukanya rute penerbangan Kualanamu-Guangzhou lewat Singapura tersebut, diharapkan dapat menjawab harapan bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan wisata ke luar negeri.

Sebagai apresiasi atas kerja sama tersebut, PT Angkasa Pura akan memberikan sejumlah kemudahan dalam jasa layanan penerbangan seperti parking fee bagi maskapai yang melayani penerbangan di 193 kota di 35 negara itu.

"Insya Allah rute ini akan terealisasi pada Mei mendatang," ujar Wasfan.

(I023/I007)

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014