Jakarta (ANTARA News) - Aktris Kinaryosih belajar menembang lagu Jawa demi perannya sebagai ibu Dahlan Iskan dalam film "Sepatu Dahlan". 

Dalam beberapa adegan film yang disadur dari novel berjudul sama tentang kehidupan masa kecil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu, Kinaryosih terlihat tidak canggung saat melantunkan tembang Jawa sebagai lagu pengantar tidur anak-anaknya.

Aktris kelahiran Jakarta, 3 Maret 1979 silam itu mengaku belajar menembang lewat rekaman suara ibu Aji Santosa (pemeran Dahlan). Rekaman itu disimaknya baik-baik dan dipraktikkan terus-menerus di rumah.

"Kira-kira aku sebulan latihan nembang," ungkap Kinar usai pemutaran perdana "Sepatu Dahlan" semalam di Jakarta. 

Kinar beradu akting dengan Donny Damara (Mohammad Iskan, ayah Dahlan),  Aji Santosa sebagai Dahlan, Bima Azriel, Ray Sahetapy, Kirun, Teuku Rifnu Wikana, dan Mucle Katulistiwa.

Film besutan sutradara Benni Setiawan mengisahkan kehidupan Dahlan Iskan yang dirundung kemiskinan namun tetap semangat sekolah menempuh berkilo-kilometer tanpa alas kaki. 

Dahlan Iskan yang menghadiri pemutaran perdananya semalam mengatakan film ini menggambarkan masa kecilnya.

"Tapi soal miskin, sebenarnya lebih miskin dari film," kata dia.

Dalam film, rumahnya digambarkan memiliki lantai dan tidur di atas kasur dipan bambu. 

"Sebenarnya sih tidak ada lantai, benar-benar tanah. Dan tidak ada tempat tidur, langsung di bawah dengan tikar."

Dahlan mengatakan dia sama sekali tidak ikut campur dengan pembuatan dan perilisan film yang bertepatan dengan masa kampanye. 

"Saya tidak mengintervensi atau menitip misi apapun," ungkapnya.

Sementara itu, sutradara Benni Setiawan beralasan tanggal perilisan yang berdekatan dengan pemilu merupakan hal yang tak disengaja karena itu diurus pihak bioskop.

"Saya juga tidak menyangka dapat bulan ini, saya berharap diputar sebelumnya atau sesudah pemilu. Tetapi ini bukan film politis, ini film inspirasi."

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014