... Kupang-Ende, Kupang-Labuan Bajo dan Kupang-Tambolaka setiap hari... "
Kupang, NTT (ANTARA News) - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia Airlines mulai melayani rute-rute penerbangan baru, yang selama ini dilayani Merpati Nusantara Airlines (MNA) di NTT.

Rute penerbangan baru yang mulai dilayani 1 April 2014 ini adalah Kupang-Ende, Kupang-Labuan Bajo dan Kupang-Tambolaka setiap hari, kata Distrik Manager Garuda Airlines Kupang, Micky Irfandi, Kamis.

"Garuda Indonesia Airlines mulai kembangkan rute penerbangan di NTT dengan membuka rute-rute baru intra NTT. Penerbangan itu menggunakan armada baru, pesawat jenis ATR72-600," katanya.

Merpati sejak beberapa lama diterpa masalah manajerial sampai pemerintah sebagai pemegang saham mendorong dia menjual beberapa unit usahanya, Merpati Training Centre dan Merpati Maintenance Facility. Dari sana, diharapkan dia bisa beroleh dana 150 juta dolar Amerika Serikat. 

Pada dasawarsa '80-an hingga '90-an, masih berlaku konsep perhubungan udara hub and spoke, di mana penerbangan-penerbangan pengumpan beroperasi ke bandara-bandara utama. Penerbangan murah memicu perubahan konsep itu, menjadi titik ke titik tujuan secara langsung. 

Dia mengatakan, pembukaan rute penerbangan di wilayah NTT itu, untuk mendukung NTT sebagai bagian dari program Rencana Induk Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Koridor Lima yang meliputi Bali dan Nusa Tenggara

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014