Tetapi setelah bersiaga hingga siang, ternyata gelombang tsunami Cili tidak sampai Sukabumi,"
Sukabumi (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menyebutkan gelombang tsunami Chili yang diprediksi BMKG akan sampai ke wilayah Laut Sukabumi ternyata tidak sampai.

"Setelah adanya imbauan dari BNPB dan BMKG pada Rabu bahwa dampak gempa bumi Cili yang menyebabkan tsunami yang gelombangnya akan sampai di Indonesia salah satunya Sukabumi, kami langsung siaga dan membentuk tim khusus. Tetapi setelah bersiaga hingga siang, ternyata gelombang tsunami Cili tidak sampai Sukabumi," kata Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Kabupaten Sukabumi, Irwan Fajar kepada Antara, Kamis.

Menurut Irwan, setelah siaga sejak Kamis pagi sekitar pukul 10.00 WIB pihaknya kembali menerima laporan dari BNPB dan BMKG yang isinya bahwa tsunami Cili tidak sampai ke perairan laut di Sukabumi dan laut dinyatakan aman untuk dilakukan aktifitas seperti berlaut.

 Maka dari itu, dengan adanya laporan terakhir dari BNPB dan BMKG pihaknya kembali memberitahukan warga dan nelayan yang isinya bahwa kondisi laut saat ini sudah aman.

"Kondisi laut aman, namun kepada nelayan kami juga tetap mengimbau agar berhati-hati saat sedang melaut atau mencari ikan dan kepada masyarakat pesisir kami juga sudah memberi tahu agar tidak khawatir lagi karena laut sudah aman sebab tsunami Cili tidak sampai Sukabumi," tambahnya.

Irwan mengatakan selain mengimbau tentang dampak gelombang tsunami Cili yang diprediksi akan sampai ke Sukabumi, BPBD juga memberikan pelatihan singkat melalui imbauan kepada warga pesisir tentang tata cara berlindung dan menyelamatkan diri jika terjadi bencana tsunami.

 "Ini kami lakukan karena Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah rawan stunami," katanya.(*)

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014