Cirebon (ANTARA News) - Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono menegaskan bahwa program terpadu Gerakan Pembangunan Kampung atau Gerbang Kampung bisa mempercepat pembangunan dan mengentaskan kemiskinan.

"Program gerbang kampung mempercepat pembangunan di wilayah sasaran," kata Menkokesra Agung Laksono di sela kunjungan kerja ke Cirebon, Jawa Barat.

Agung mencontohkan, pada program gerbang kampung di Cirebon, pemerintah mengalokasikan bantuan dengan total anggaran hingga Rp600 miliar.

"Anggaran tersebut berasal dari sejumlah kementerian dan lembaga yang selama ini memiliki program pengentasan kemiskinan di masing-masing instansinya," kata Agung.

Namun, melalui program gerbang kampung program pengentasan kemiskinan yang terdapat di sejumlah kementerian dan lembaga disinergikan sehingga mempercepat target yang ingin dicapai.

"Selama ini masing-masing kementerian/lembaga memiliki program percepatan pembangunan untuk pengentasan kemiskinan, namun melalui program gerbang kampung ini semua program yang ada kita sinergikan," katanya.

Dengan demikian, tambah Agung, jika program gerbang kampung dilakukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia, maka hasil yang dicapai akan sangat maksimal guna mengentaskan pembangunan serta mempercepat pembangunan.

Di samping upaya percepatan pembangunan, katanya, pemerintah memiliki perhatian yang serius untuk memberikan apresiasi terhadap pelestarian nilai-nilai budaya.

"Seperti yang saat ini dilakukan di Cirebon, pemerintah memberikan perhatian terhadap kualitas fisik atau bangunan peninggalan budaya, seperti renovasi museum," katanya.

Agung menargetkan hingga akhir 2014 ada 300 wilayah yang menjadi sasaran program gerbang kampung.

"Pada saat ini angkanya sudah mendekati target," katanya.

(W004/R010)

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014