Kini kami berdua di empat besar, itu hebat. Ini saat yang sangat bagus bagi tenis Swiss."
Jenewa (ANTARA News) - Roger Federer dan Stanislas Wawrinka akan bertanding pada dua nomor tunggal dan ganda di tim Swiss dalam pertandingan perempat final grup dunia Piala Davis melawan Kazakhstan di Jenewa akhir pekan ini.

Petenis peringkat tiga dunia Wawrinka akan membuka pertandingan melawan petenis peringkat 64 dunia Andrey Golubev, sementara Federer, peringkat empat dunia, kemudian akan menghadapi petenis peringkat 56 dunia Mikhail Kukushkin, lapor AFP.

Pasangan Swiss itu, juara ganda Olimpiade pada 2008, kemudian akan berpasangan untuk pertandingan ganda pada Sabtu melawan pasangan Aleksandr Nedovyesov dan Evgeny Korolev.

"Jelas kami favorit. Tapi kami berupaya meraih peluang kami. Selalu sebuah keuntungan bermain di kandang sendiri," kata Federer setelah acara pengundian pada Kamis.

Tim Swiss dapat mengandalkan dukungan 16.000 penonton tuan rumah dalam kompetisi tiga hari itu.

"Ini lebih dari sekadar pertandingan, ini sebuah kejuaraan saya pikir," kata Federer. "Ada begitu banyak orang, kami mendapatkan sebuah arena besar untuk bermain dan banyak tiket yang sudah terjual, ini luar biasa," kata petenis yang pernah menduduki peringkat satu dunia tu.

Juara Grand Slam 17 kali itu yakin awal hebat Wawrinka pada musim ini dengan menjuarai Australia Terbuka sudah membantu menarik orang banyak.

"Enam bulan terakhir ini luar biasa," kata Federer, menunjuk bahwa mereka juga berhasil mencapai semifinal London Masters.

"Kini kami berdua di empat besar, itu hebat. Ini saat yang sangat bagus bagi tenis Swiss."

Swiss hanya sekali mencapai final Piala Davis - pada 1992 saat mereka dikalahkan Amerika Serikat 1-3 di Fort Worth - dan Federer akan sangat senang untuk menambah perolehan gelar-gelarnya, yang hanya kurang yang satu itu dan juga emas nomor tunggal Olimpiade.

Sementara itu, Wawrinka sadar bahwa Swiss memiliki peluang terbaik di tahun ini untuk memenangi gelar Piala Davis untuk pertama kalinya.

"Kami semua tahu bahwa kami memiliki kesempatan yang bagus, khususnya sejak Roger (Federer) bermain dan saya bermain," kata Wawrinka.

"Kami tidak berpikir sudah ke final, tapi kami, di atas kertas, favorit kuat untuk akhir pekan ini," katanya.

Wawrinka (29), yang sudah bermain di Piala Davis sejak 204, mengatakan bahwa meskipun dia kini menjadi petenis nomor satu Swiss, di atas Federer (32), "itu tidak mengubah siapa yang jadi bos di tim."

Meskipun semua memperkirakan kemenangan akan diraih Swiss, Kazakhstan percaya akan peluang mereka.

Kukushkin mengatakan, "Akan sulit bermain melawan mereka. Kami tidak mesti membayar perhatian ke publik, ke 16.000 pendukung mereka. Tapi kami memiliki peluang untuk menang, dan kami akan mengerahkan segenap kekuatan kami untuk mencapai ini."

Berikut ini hasil pengundian:

Jumat (mulai 11:30GMT)

Stanislas Wawrinka (Swiss) v Andrey Golubev (Kazakhstan)

Roger Federer (Swiss) v Mikhail Kukushkin (Kazakhstan)



Sabtu (11:30GMT)

Stanislas Wawrinka/Roger Federer (Swiss) v Aleksandr Nedovyesov/Evgeny Korolev (Kazakhstan)



Minggu (mulai 11:30GMT)

Stanislas Wawrinka (Swiss) v Mikhail Kukushkin (Kazakshtan)

Roger Federer (Swiss) v Andrey Golubev (Kazakhstan).


Penerjemah: Irwan Suhirwandi

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014