Saat ini sedang dilakukan penjemputan dan penyelamatan penumpang tersebut dengan menggunakan empat boat."
Padang (ANTARA News) - Kapal Selamat Jaya yang membawa logistik pemilu kandas menabrak karang akibat air laut surut di Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Jumat malam.

"Kami mendapatkan informasi dari petugas KPU Sumbar yang berada dalam kapal tersebut bahwa kapal yang membawa logistik pemilu, petugas serta penumpang kapal lain kandas akibat air laut surut," kata Koordinator Divisi Teknis KPU Sumbar Mufhti Syarfie, di Padang, Jumat.

Ia menyebutkan, kapal tersebut berangkat dari Tuapejat menuju Siberut sekitar pukul 08.00 WIB membawa logistik pemilu untuk tiga kecamatan di Kabupaten Kepulaun Mentawai.

Disebutkan, KPU Sumbar berkoordinasi dengan Polda Sumbar untuk minta bantuan menarik kapal tersebut ke Muara Siberut.

"Kapal tersebut membawa sebanyak 216 kotak suara, dan logistik pemilu lainnya untuk 54 TPS yang tersebar di tiga kecamatan yakni Siberut Barat Daya sebanyak 16 TPS, Siberut Tengah 17 TPS, serta Siberut Selatan sebanyak 21 TPS," terangnya.

Sementara itu saat dihubungi Camat Siberut Nainggolan Lumbanraja mengatakan posisi kapal Selamat Jaya yang kandas akibat menabrak karang berada di ujung Sikabay, Kecamatan Siberut Selatan. Kapal mendistribusikan logistik antarkecamatan.

"Kami mendapatkan informasi kapal yang membawa logistik pemilu kandas menabrak karang di ujung Sikabay Kecamatan Siberut Selatan. Kapal tersebut tidak mengalami kebocoran," katanya.

Ia menyebutkan, sekarang ada empat unit boat yang akan menjemput logistik pemilu, anggota KPU setempat, PPK, serta polisi yang berada dalam kapal tersebut.

Ia mengatakan, jika logistik tersebut tidak segera dijemput dengan menggunakan boat ditakutkan terjadi angin kencang dan kapal pecah. Dengan boat berkuatan 40 PK hanya memakan waktu 10 menit dari Muara Siberut sampai ke lokasi kejadian.

"Saat ini sedang dilakukan penjemputan dan penyelamatan penumpang tersebut dengan menggunakan empat boat," katanya.

Untuk lokasi sementara logistik pemilu di Muara Siberut, terdapat gedung serba guna yang bisa digunakan, katanya. Sementara logistik masih dalam keadaan utuh di atas kapal yang kandas tersebut.  (ZON/T007)

Pewarta: Derizon Yazid
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014