Normalisasi diupayakan secepatnya, diharapkan Sabtu (5/4) sore bisa dilintasi. Namun kita lihat saja, malam ini fokus evakuasi penumpang, dilanjutkan evakuasi kereta yang anjlok."
Bandung (ANTARA News) - Normalisasi jalur rel KA selatan di Ciawi Tasikmalaya pascaanjloknya KA Malabar diupayakan tuntas pada Sabtu (5/4) sore, kata Vice Presiden Public Relation PTKA Sugeng Priyono di Bandung, Jumat.

"Normalisasi diupayakan secepatnya, diharapkan Sabtu (5/4) sore bisa dilintasi. Namun kita lihat saja, malam ini fokus evakuasi penumpang, dilanjutkan evakuasi kereta yang anjlok," kata Sugeng.

Ia menyebutkan, kecelakaan itu akibat tanah penyangga rel longsor sepanjang 25 meter dan amblas sedalam 10 meter.

"Malam ini tim satker sudah dikerahkan, setelah evakuasi penumpang lanjut evakuasi kereta yang anjlok," kata Sugeng.

Sedangkan evakuasi penumpang mengerahkan personil PMI, Polres dan Kodim Tasikmalaya serta warga setempat.

Selama pengerjaan perbaikan jalur yang itu, jadwal perjalanan KA yang melintas di jalur itu dialihkan menggunakan jalur utara melalui Cikampek - Cirebon - Purwokerto - Kroya - ke jalur timur.

"Semua KA di jalur itu dialihkan sementara ke jalur utara, termasuk pada malam ini terjadi perubahan rute perjalanan KA," katanya.

Ia menyebutkan, lokasi longsor tersebut merupakan salah satu titik rawan gerakan tanah di jalur selatan.

Terkait dengan kejadian itu, PTKA meningkatkan pengawasan jalur dengan menambah jadwal pemeriksaan jalan rel di titik-titik rawan seperti itu. (*)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014