Jokowi minta penyambutannya sederhana saja dan dilakukan di ruang kedatangan bukan ruang VIP bandara."
Sentani (ANTARA News) - Kurangnya koordinasi antara pihak panitia dan pihak maskapai penerbangan yang dicarter membuat kedatangan calon presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Joko Widodo (Jokowi) ke Papua molor.

Dari pantauan Antara di lapangan, sesuai jadwal seharusnya Jokowi tiba di Bandara Sentani dengan menggunakan pesawat carteran eksekutif milik maskapai penerbangan Susi Air pada pukul 06.00 WIT. Bahkan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian sudah tiba terlebih dahulu sekitar pukul 05.30 WIT untuk memantau jalannya penjemputan dan penyambutan orang nomor satu di Ibu Kota Jayapura tersebut.

Yang berbeda juga tampak dari tempat penjemputan Jokowi, biasanya pejabat yang datang ke Papua akan tiba melalui ruang VIP bandara, sedangkan Jokowi meminta kepada panitia penyambutan untuk menyambutnya di ruang kedatangan bandara.

"Jokowi minta penyambutannya sederhana saja dan dilakukan di ruang kedatangan bukan ruang VIP bandara," kata Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDI-P Kabupaten Jayapura Kornelis Yanuaring kepada Antara di Sentani, Sabtu.

Menurutnya, ini merupakan perbedaan Jokowi dengan capres lainnya, Jokowi lebih merakyat.

Sementara itu, salah satu petugas bandara yang di ruang kedatangan Bandara Sentani Abdul menuturkan bahwa sejak semalam bandara sudah dibersihkan dan dipersiapkan untuk menyambut Jokowi.

"Namun ternyata pesawat carteran Jokowi delay hingga jam 09.00 WIT nanti baru mendarat di Bandara Sentani," tandasnya kepada Antara di tempat terpisah.

Jokowi rencananya akan melakukan kampanye di Jayapura yang dilanjutkan ke Sorong lalu ke Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara pada hari yang sama. Menurut jadwal kedatangan Jokowi akan disambut oleh lima calon legislatif (caleg) perempuan dari PDI-P di tangga pesawat dan dikalungi bunga dan dipakaikan hiasan burung cenderawasih di kepala.

Setelah itu Jokowi akan langsung menuju Yoka-Waena ke kediaman Ketua PDI-P Provinsi Papua Komaruddin untuk sarapan pagi lalu ke Sahid Hotel. Kemudian dari Sahid Hotel Jayapura, Jokowi akan mampir ke Kantor Sinode GKI di Argapura untuk minta didoakan. Sekitar pukul 13.00 WIT Jokowi akan berkampanye di Lapangan PTC Entrop Kota Jayapura. Sejam kemudian Jokowi akan terbang ke Sorong. (*)

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014