Saya ziarah kubur saja sekaligus ingin melihat renovasi masjid tua ini
Kediri (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa berziarah ke makam Sayid Sulaiman Syamsudin atau yang akrab disebut Mbah Wasil di Kelurahan Setonogedong, Kecamatan Kota, Kediri, Jawa Timur.

"Saya ziarah kubur saja sekaligus ingin melihat renovasi masjid tua ini," katanya, pada Sabtu.

Ia mengatakan, bangunan di masjid tersebut merupakan bangunan yang sudah tua, saat zaman Kerajaan Kediri. Saat ini, bangunan itu sedang direnovasi dan ia ingin melihat langsung perkembangan pembangunannya.

Kedatangan Hatta Rajasa juga disertai dengan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar serta sejumlah calon legislatif dari PAN.

Saat sampai di makam, Hatta dengan rombongan berdoa dengan didampingi juru kunci makam. Mereka berdoa dengan khusyuk.

Hatta menyebut, sebenarnya diundang ke Kediri saat pelantikan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar pada Rabu (2/4), tapi karena ada kesibukan ia tidak datang saat pelantikan tersebut.

Ia mengaku baru bisa datang saat ini, di kampanye terakhir sebelum Pemilu Legislatif, 9 April 2014. Selain ke Kediri, ia juga berencana mengikuti kampanye di Bojonegoro.

Ia juga memberikan sejumlah masukan kepada Wali Kota yang juga kader partai tersebut untuk membangun Kota Kediri menjadi lebih baik, meningkatkan kesejahteraan rakyat di Kediri.

"Saya memang sengaja untuk menyambangi Pak Wali Kota, kader kami yang baru saja dilantik. Saya sempatkan khusus," katanya.

Kedatangan Hatta Rajasa dan rombongan ke makam tersebut mendapatkan kawalan yang ketat dari polisi. Sejumlah warga yang kebetulan sedang ziarah langsung berkerumun dan berjabat tangan.

Arus lalu lintas di Jalah Doho Kediri, jalur menuju ke lokasi makam Mbah Wasil itu juga padat.

Jalur yang hanya satu arah itu tidak terlalu macet parah dan kendaraan masih bisa berjalan dengan merambat. Setelah selesai acara, rombongan langsung pulang.

Dalam beberapa kali mendekati pemilu, Hatta sering berkunjung ke sejumlah makam para wali di Jatim. Sebelumnya, Hatta juga berkunjung ke makam tokoh ulama Madura yaitu makam Syaichona Kholil di Bangkalan.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014