Kami gembira atas kehadiran warga Indonesia yang cukup marak untuk menggunakan hak pilihnya,"
London (ANTARA News) - Ribuan warga negara Indonesia di Jerman, termasuk Dubes Fauzi Bowo atau Foke, menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Legislatif 2014 di tiga tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN), yaitu di Berlin, Frankfurt dan Hamburg.

Antusiasme warga negara Indonesia mengikuti pemilu legislatif ini cukup tinggi, terlihat dari kedatangan ratusan WNI di TPSLN Aula KBRI Berlin sejak pagi, kata Minister Counsellor KBRI Berlin Ayodhia GL Kalake, kepada Antara London, Sabtu.

Duta Besar RI Dr. Ing. Fauzi Bowo yang didampingi Ny Sri Hartati Fauzi Bowo hadir bersama ratusan warga yang antre di TPSLN Berlin untuk menyalurkan hak pilihnya.

Selain masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa Indonesia yang studi di Berlin dan sekitarnya juga memperlihatkan animo yang cukup tinggi untuk berpartisipasi dalam pemilu.

Beberapa warga Indonesia bahkan mengajak putra-putri mereka yang masih kecil ke TPSLN. Anak-anak itu menunggu orangtuanya sambil bermain di lokasi sekitarnya.

Dubes Fauzi Bowo mengatakan Perwakilan RI di Jerman, khususnya KBRI Berlin, selalu mendukung, membantu dan memfasilitasi tugas-tugas PPLN dan KPPSLN Berlin agar penyelenggaraan pemilu berlangsung dengan baik dan sukses.

"Kami gembira atas kehadiran warga Indonesia yang cukup marak untuk menggunakan hak pilihnya," ujar Dubes Fauzi Bowo.

Sesuai data dari tiga PPLN di Jerman, daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu Legislatif 2014 sebanyak 13.394 jiwa. Dengan perincian: DPT Berlin 2.858 pemilih, DPT Frankfurt 8.536 pemilih dan DPT Hamburg sebanyak 2.594 orang.

Dari DPT di Jerman tersebut, 10.724 atau 80 persen suara pemilih telah dilakukan melalui pos. Pihak PPLN Berlin, mengirimkan surat suara via pos kepada pemilih sejak tanggal 22 Maret 2014.

Penghitungan surat suara hasil pemilihan di TPSLN Berlin akan dilaksanakan pada tanggal 9 April 2014 pukul 13.00. Penghitungan seluruh surat suara, termasuk yang melalui pos, akan dilakukan pada tanggal 10-15 April mendatang.

(T.H-ZG/B/T007/T007) 05-04-2014 23:39:17

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014