Secara umum, kondisi Kota Banda Aceh aman. Kondisi aman ini karena kami terus melakukan razia dan patroli-patroli,"
Banda Aceh (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Banda Aceh Kombes Pol Moffan mengatakan secara umum Ibu Kota Provinsi Aceh itu aman menjelang pemungutan suara Pemilu Legislatif, 9 April 2014.

"Secara umum, kondisi Kota Banda Aceh aman. Kondisi aman ini karena kami terus melakukan razia dan patroli-patroli," ungkap Kombes Pol Moffan di Banda Aceh, Sabtu.

Ia meyakinkan masyarakat tidak perlu khawatir untuk ikut melaksanakan pemilu serta menggunakan hak pilihnya tanpa intimidasi atau paksaan dari pihak tidak bertanggung jawab.

"Masyarakat tidak perlu ragu dengan polisi. Saya meyakinkan bahwa 99 persen Banda Aceh aman. Personel kami cukup. Kami juga dibantu personel Polda dan Kodam Iskandar Muda," ungkap Kombes Pol Moffan.

Ia mengatakan, walau sempat terjadi riak kecil seperti keributan dua massa partai beberapa lalu di wilayah hukum Polresta Banda Aceh, namun itu tidak mengganggu keamanan di Kota Banda Aceh secara keseluruhan.

Kombes Pol Moffan menyebutkan keributan itu terjadi di Kabupaten Aceh Besar, namun masuk di wilayah hukum Polresta Banda Aceh. Insiden itu pun sudah diselesaikan dengan para pihak.

"Kejadian itu hanya miskomunikasi di lapangan saja. Setelah para pihak dipanggil, mereka akhirnya sepakat melaksanakan pemilu secara damai," ungkap Kombes Pol Moffan.

Polresta, kata dia, terus berupaya mengantisipasi terjadinya insiden yang bisa mengganggu keamanan menjelang pemilu di luar Kota Banda Aceh. Jika pun terjadi, insiden itu jangan sampai merambat ke Kota Banda Aceh.

"Seperti teori balon, satu ujungnya ditekan, ujung lainnya yang beriak. Artinya, kalau ada kejadian dari luar , bisa merembes ke Kota Banda Aceh. Ini yang tidak kita inginkan," kata Kombes Pol Moffan.

(KR-HSA/M026)

Pewarta: M Haris SA
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014