Islamabad (ANTARA News) - Sedikitnya 19 orang tewas dan lebih dari 40 orang lagi cedera ketika satu bus penumpang jatuh ke jurang sedalam 250 kaki di Kabupaten Chakwal, Pakistan Utara, Sabtu malam (5/4), demikian laporan media setempat.

TV Dawn menyatakan satu van penumpang membawa lebih dari 60 peziarah yang dalam perjalanan pulang ketika kendaraan tersebut mengalami kecelakaan di Daerah Kalar Kahar, Chakwal, satu Kabupaten di Provinsi Punjab, bagian timur negeri tersebut.

Polisi mengatakan kecelakaan itu diduga disebabkan oleh kelebihan penumpang dan rem blong, namun penyelidikan mengenai kecelakaan tersebut sedang dilakukan

Para peziarah itu sedang dalam perjalanan pulang ke rumah mereka di Cheecha Watani setelah mengunjungi tempat suci di Daerah Khara Shareef di kabupaten tersebut.

Korban cedera telah dibawa ke satu rumah sakit terdekat, tempat beberapa di antara mereka berada dalam kondisi kritis.

Beberapa sumber rumah sakit menyatakan korban tewas meliputi tiga anak kecil dan empat perempuan, demikian laporan Xinhua.

Tim pertolongan mengalami kesulitan untuk menemukan korban cedera karena cuaca gelap malam hari dan kekurangan fasilitas.

Pakistan termasuk di antara negara yang memiliki catatan terburuk mengenai kecelakaan lalu lintas --terutama karena kondisi jalan yang buruk, kendaraan yang tak terpelihara dengan baik dan pelanggaran peraturan keselamatan jalan raya.

Para pejabat polisi lalu lintas mengatakan 90 persen kecelakaan di negeri itu terjadi akibat kesalahan manusia.

Menurut satu pernyataan yang dikeluarkan oleh Polisi Lalu Lintas Pakistan pada Januari 2014, sebanyak 10.000 orang meninggal setiap tahun di negeri tersebut akibat kecelakaan lalu lintas.

Kerugian akibat kecelakaan lalu lintas di Pakistan dalam bentuk kerusakan yang dikumpulkan, berjumlah sekitar satu miliar dolar AS per tahun.

(C003)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014