Jakarta (ANTARA News) - Musyawarah Ikatan Alumni Universitas Sumatera Utara (IKA USU) wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya menetapkan Ketua Dewan Jaminan Sosial (DJSN) Chazali Situmorang sebagai ketua dalam kepengurusan baru periode 2014--2018.

"Saya terpilih menjadi Ketua Alumni IKA USU sekaligus menjadi formatur penyusunan pengurus," kata Chazali Situmorang yang juga menjabat sebagai Deputi Menkokesra Bidang Koordinasi Perlindungan Sosial dan Perumahan Rakyat di Jakarta, Minggu.

Chazali menjelaskan, dalam Musyawarah Wilayah Ikatan Alumni Universitas Sumatera Utara yang dilakukan pada Sabtu (5/4) di Kantor Kemenkokesra dipimpin oleh Zulkifli Nasution dari Lemhanas, Ferlinda dari aktivis kesehatan dan Fauzi Yusuf ditetapkan bahwa dirinya akan dibantu beberapa pembantu formatur dalam jangka waktu tiga minggu dalam penyusunan pengurus.

Sementara itu, Deputi Bidang Advokasi, Penggerakkan dan Informasi (ADPIN) BKKBN Abidinsyah Siregar alumni USU yang menjadi pembantu formatur dalam penyusunan kepengurusan IKA USU wilayah Jakarta dan sekitarnya menambahkan pengurus yang baru memiliki banyak pekerjaan rumah.

Abidin yang pernah menjabat sebagai Direktur Bina Pelayanan Kesehatan Tradisional, Aternatif dan Komplementer Ditjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan RI mengatakan, banyak masukan yang mencuat untuk pengurus baru salah satunya dari Utusan Khusus Presiden RI untuk Bidang Penanggulangan Kemiskinan yang juga mantan Ketua Majelis Wali Amanat ITB HS Dillon.

"Bapak HS Dillon mengharapkan alumni USU dapat memberikan dorongan dan wawasan juga ide untuk pembangunan bangsa," katanya.

Selain itu, Abidin juga menambahkan adanya masukan dari Ketua PSSI Djohar Arifin yang mengharapkan alumni USU memiliki gagasan cerdas di bidang olah raga nasional untuk meningkatkan prestasi Indonesia.

"Ada juga masukan dari guru besar bidang hukum Mariam Darus, ketua presidium IKA USU Sofyan Raz dan lain sebagainya yang memberikan masukan bag

Abidin juga mengatakan, alumni USU pada saat ini telah menyebar dari Sabang sampai Merauke.

"Misalnya di Aceh menjadi gubernur, di Papua ada yang menjadi wakil bupati," katanya.

Selain itu, tambah dia, alumni USU juga sudah banyak di berbagai level dan sudah berkiprah di panggung nasional.

"Pengurus baru diharapkan bisa mendorong motivasi bagi seluruh generasi muda di Indonesia pada umumnya dan mahasiswa USU pada khususnya untuk ikut berperan dalam kancah nasional maupun internasional dan mengikuti jejak alumni yang telah berhasil," katanya.

Abidin juga menambahkan, musyawarah IKA USU memiliki tema "Konsolidasi Alumni USU untuk pemberdayaan SDM yang kompetitif" sehingga diharapkan bisa berkontribusi bagi pembangunan bangsa.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014