London (ANTARA News) - Masyarakat Indonesia di Finlandia dan Estonia antusias dalam menyambut pelaksanaan pemilihan umum untuk memilih anggota DPR-RI yang dilaksanakan lebih awal empat hari dibandingkan hari pemungutan suara di Indonesia.

Sekretaris Pertama KBRI Helsinki, Made Priyadi Sentanajaya kepada Antara London, Senin mengatakan hal ini dibuktikan dengan tingginya tingkat kehadiran pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disediakan di KBRI Helsinki pada saat hari pencoblosan. 

Dari 357 orang pemilih yang terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang disusun Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) untuk wilayah Finlandia dan Estonia, sebanyak 132 orang menyatakan memilih langsung di TPS, sedangkan sisanya sejumlah 225 melalui pos. 

Dari jumlah tersebut sebanyak 119 orang atau 90 persen dari jumlah yang menyatakan akan memilih langsung telah datang untuk memberikan suaranya di TPS 01 Helsinki pada hari pencoblosan, termasuk Dubes RI Helsinki beserta keluarga.

Suasana Pemilihan anggota Legislatif (Pileg) 2014 yang berlangsung di TPS 01 KBRI Helsinki berlangsung aman, tertib dan lancar. Para pemilih datang mengantri untuk memberikan suaranya sejak pagi hari pkl. 10 waktu setempat. 

Mereka datang tidak hanya dari wilayah Helsinki tetapi juga dari kota-kota lain di Finlandia yang jaraknya 150-200 km di luar Helsinki yakni dari kota Turku, Tampere dan sekitarnya. 

Pileg di Helsinki, juga dimeriahkan dengan penyelenggaraan kegiatan Bazar makanan tradisional Indonesia, lomba anak-anak dan pemutaran film Indonesia yang diadakan oleh organisasi Diaspora Indonesia di Finlandia-Estonia. 

Selain itu juga terdapat door prize yang merupakan sumbangan dari berbagai kalangan masyarakat di Finlandia bagi para pengunjung dan keluarga yang hadir pada saat hari pencoblosan. 

Kegiatan bazar dan Pesta Demokrasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia di Finlandia dan Estonia untuk datang memilih ke TPS pada hari pencoblosan, demikian Made Sentanajaya.(ZG)

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014