Pemkab Biak Numfor akan mengerahkan semua kemampuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih."
Biak (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Biak, Papua, mendistribusikan logistik pemilihan umum (pemilu) ke Pulau Numfor, Papua, pada Minggu tengah malam menggunakan kapal perintis Yap Wairon yang dikawal aparat Kepolisian Resor (Polres) Biak Numfor, pejabat pemerintah kabupaten dan komisioner KPU setempat.

Kepala Bagian Operasional Polres Biak Kompol M. Safei di Biak, Senin, mengatakan bahwa pengawalan polisi ke Pulau Numfor bersamaan dengan pergeseran pasukan pengamanan pemilu.

"Pengamanan pemilu akan dilakukan jajaran Polres Biak Numfor sesuai prosedur pelaksanaan pemilu 9 April 2014," ujar mantan Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polres Biak itu.

Bupati Biak Numfor Yesaya Sombuk secara terpisah mengatakan, pihaknya membantu KPU, panitia pengawas (Panwas) dan aparat keamanan TNI/Polri untuk menyukseskan pesta demokrasi yang akan berlangsung pada 9 April 2014.

"Pemkab Biak Numfor akan mengerahkan semua kemampuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih," ujarnya.

Hingga Senin pagi atau dua hari jelang pemungutan suara (H-2), warga di Biak terlihat melakukan aktivitas seperti hari-hari biasanya.

Berdasarkan data pemilih tetap (DPT) pemilu di Kabupaten Biak Numfor sebanyak 93.825 pemilih yang tersebar di 378 tempat pemungutan suara (TPS) dan 19 panitia pemilihan distrik. (*)

Pewarta: Muhsidin
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014