Surabaya (ANTARA News) - Peneliti Australia Dr Dave McRae menyatakan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 cukup menarik karena pemilihan untuk legislatif sudah seperti pemilihan presiden (pilpres), karena masyarakat dan media massa banyak membicarakan figur daripada program partai.

"Yang menarik, pemilu legislatif kali ini sudah seperti pilpres, karena orang bukan bicara PDI-P tapi Jokowi, bahkan Prabowo juga dikaitkan dengan prediksi capres Gerindra," katanya di sela-sela seminar Re-Imajinasi Pancasila dalam Ke-Indonesiaan Sekarang di Fisip Unair Surabaya, Senin.

Peneliti "Asia Intitute" di The University of Melbourne Victoria 2010 Australia itu menjelaskan pihaknya sengaja meneliti pemilu legislatif untuk mengetahui pemimpin dan legislator baru, karena masyarakat Australia ingin tahu kepemimpinan baru di Indonesia.

Ditanya perbedaan kampanye di Indonesia dan Australia, ia menyatakan kampanye di Indonesia lebih banyak yang bersifat terbuka di lapangan, sedangkan di Australia lebih banyak kampanye melalui televisi, termasuk televisi lokal.

"Ada hal yang juga menarik saat ini yakni 'blusukan'. Istilah itu menunjukkan kekecewaan masyarakat Indonesia terhadap pemimpinnya yang ada jarak antara politisi dan rakyat, sehingga masyarakat mencari pemimpin yang lebih mendengar mereka," katanya.

Pewarta: Edy M Ya`kub
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014