... dengan pendirian ini Indonesia memberikan kontribusi lebih besar dalam menjaga ketertiban dunia dan perdamaian dunia... "
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Yudhoyono meresmikan Pusat Perdamaian dan Keamanan Indonesia (Indonesia Peace and Security Centre/IPSC) di Sentul, Jawa Barat, Senin sore. 

Saat meresmikan, Yudhoyono didampingi Ibu Negara, Ani Yudhoyono. Juga hadiri Wakil Presiden, Boediono, beserta istrinya, Herawati Boediono, mantan Wakil Presiden, Try Sustrisno, dan sejumlah menteri Kabinet Indonesi Bersatu II. 

Di antara mereka terdapat Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto, Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh.

"Kita harapkan dengan pendirian ini Indonesia memberikan kontribusi lebih besar dalam menjaga ketertiban dunia dan perdamaian dunia sesuai dengan konstitusi kita UUD 1945," kata Yudhoyono. Sebagai simbolisasi peresmian, dia menandatangani delapan prasasti.

IPSC mulai dibangun pada 2011 terletak di Bukit Merah Putih, Sentul, Bogor, Jawa Barat, di lahan seluas 261,569 Hektare dengan alokasi dana Rp1,643 triliun dari 2010 hingga 2011.

Dalam kawasan tersebut terdapat tujuh fasilitas utama yaitu, Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI, Markas Komando Pasukan Siaga Operasi TNI, Universitas Pertahanan Indonesia, Komite Olahraga Militer Indonesia dengan penanggungjawab anggaran Kementerian Pertahanan.

Pusat Pelatihan Penanggulangan Terorisme dan Deradikalisasi dengan penanggung jawab anggaran Badan Nasional Penanggulangan Terorrisme, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana dengan penanggung jawab anggaran Badan Nasional Penanggulan Bencana.

Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dengan penanggung jawab anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sementara pembangunan fasilitas jalan dan jembatan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum.

Selain itu juga melengkapi fasilitas tersebut, dilakukan penghijauan dengan menanam 114.641 pohon dari 43 jenis tanaman, pembangunan tiga danau buatan sebagai resapan dan daerah latihan di Wilayah PMPP TNI, BNPT, dan Universitas Pertahanan.

Yusgiantoro mengatakan, dalam pengelolaan instalasi strategis nasional IPSC tersebut, telah ditandatangani kesepakatan bersama antara Kementerian Pertahanan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, BNPT dan BNPB.

Pewarta: M Arif Iskandar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014