Karawang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Jawa Barat, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat meluncurkan pelayanan "jemput bola" kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP Mobile ke sejumlah titik sekitar Karawang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karawang, Eka Sanatha, Senin, mengatakan pelayanan e-KTP Mobile tersebut diluncurkan untuk memudahkan masyarakat Karawang dalam melakukan perekaman data diri.

"Saat ini masih ada masyarakat yang belum melakukan perekaman data diri untuk pembuatan e-KTP. Jadi kami luncurkan pelayanan jemput bola itu," katanya.

Dikatakannya, pelayanan e-KTP Mobile tersebut dilakukan dengan dijadwal. Setiap bulan, layanan itu akan berpindah dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya.

Pada pekan pertama dan kedua April 2014, pelayanan e-KTP Mobile akan digelar Desa Ciranggon dan Lemahmulya Kecamatan Majalaya, serta di Desa Karangsinom dan Parakan Kecamatan Tirtamulya.

Sedangkan pada pekan ketiga dan keempat April 2014, pelayanan e-KTP Mobile digelar di Desa Panyingkiran dan Desa Sukakerta Kecamatan Rawamerta serta di Desa Karyamulya dan Desa Segara Kecamatan Batujaya.

Eka berharap masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan e-KTP Mobile di daerahnya masing-masing. Sehingga tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat yang lokasinya di sekitar perkotaan Karawang.

"Pelayanan e-KTP Mobile ini sebagai upaya mendekatkan pola pelayanan kepada masyarakat. Karena ada masyarakat yang malas ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, karena jauh," kata dia.
(KR-MAK)

Pewarta: M Ali Khumaini
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014