Bilang pada Putin bahwa saya bukan Yanukovych dan bahwa saya tak akan pergi"
Moskow (ANTARA News) - Seorang mantan perdana menteri Rusia yang belum lama ini bertemu dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad mengatakan bahwa Assad berkata padanya bahwa dia tak akan kabur seperti Presiden Ukraina terguling Viktor Yanukovych.

"Presiden Suriah berkata pada saya: Bilang pada Putin bahwa saya bukan Yanukovych dan bahwa saya tak akan pergi," kata Sergei Stepashin kepada wartawan di Moscow setelah bertemu Presiden Suriah itu pekan lalu.

Assad merujuk presiden Ukraina dukungan Moskow Viktor Yanukovych yang terguling oleh gerakan rakyat pro-Eropa Februari lalu dan kabur ke Rusia. "Tidak seperti Yanukovych, dia tidak punya musuh di lingkaran dalamnya dan dia tahu sekali apa yang sedang dilakukannya," kata Stepashin.

Stepashin yang menjadi PM pada 1999 itu mengatakan Assad juga berkata  dia memperkirakan perang di Suriah akan berakhir tahun ini.

"Dalam tahun ini fase aktif aksi militer di Suriah akan berakhir," kata Stepashin menirukan Assad. "Setelah itu kami akan mengalihkan perhatian untuk memerangi teroris dan pembom bunuh diri."

Stepashin menggambarkan Assad bugar sekali.

Sejak demonstrasi anti Assad pecah Maret 2011, Rusia mendukung rezim Suriah dengan dukungan politik, militer dan keuangan, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014